Bisnis Baru: Home Schooling

16 Jan

Monday, July 9, 2007

http://riasandriati .blogspot. com/2007/ 07/bisnis- baru-home- schooling. html

Pesinetron belia yang sedang naik daun Nia Ramadhani tak perlu cemas
memikirkan bangku sekolah saat syuting. Ia tidak perlu keteteran
membagi hari untuk sekolah dan jadwal syuting. Pasalnya, sebagai murid
E-Hughes Schooling, ia bisa tetap menimba ilmu tanpa terkurung jadwal
di kelas karena mempunyai otoritas untuk menentukan jadwal belajarnya
sendiri di rumah.

Memilih menjadi seorang homescooler tak hanya dilakukan Nia yang
memiliki jadwal padat. Gagah Tri Darma Prasetya mengaku memilih
program pembelajaran home schooling ketimbang sekolah formal karena
lebih efektif. “Kalau di sekolah formal istilahnya guru menjadi
sopirnya, kalau jadi homeschooler, kita sendiri yang menjadi
sopirnya,” ungkap putra pemain teater Ratna Riantiarno yang sejak
beberapa tahun ini tergabung dalam Kak Seto Home Schooling.

Di belahan bumi lain, terutama Barat, metode pembelajaran alternatif
ini sudah lama dipakai masyarakat. Di seluruh dunia terdapat 6 juta
home schooling (HS) yang tersebar di berbagai negara. Di sini,
belakangan, program HS memang menjadi alternatif pembelajaran. Dalam
pandangan pakar sekaligus pemerhati pendidikan, Seto Mulyadi, yang
akrab disapa Kak Seto, HS merupakan sekolah alternatif yang
menempatkan anak-anak sebagai subjek dengan pendekatan pendidikan
secara at home. “Dengan pendekatan inilah, anak-anak merasa nyaman
belajar karena mereka bisa belajar apa pun sesuai dengan keinginannya,
kapan saja dan di mana saja seperti ia tengah berada di rumahnya,”
katanya.

Menurut Kak Seto, meski disebut HS, tidak berarti anak terus-menerus
belajar di rumah. Anak-anak bisa belajar di mana saja dan kapan saja
asal situasi dan kondisinya benar-benar nyaman dan menyenangkan
seperti di rumah. “Karena itu dalam sistem HS, jam pelajaran bersifat
fleksibel, mulai dari bangun tidur sampai berangkat tidur kembali,”
imbuh pemilik Kak Seto Home Schooling (KSHS) ini.

Meski baru dibangun pada Februari lalu, peminat KSHS lumayan banyak.
Saat ini KSHS melayani permintaan untuk HS anak SD dan SMU. Untuk
tingkat SMP baru dibuka Juli mendatang. KSHS dimulai dengan 10
homescooler pada Januari lalu. Pada Maret ini sudah 25 murid terdaftar
di KSHS. Dan, 15-20 calon homeschooler yang antre sampai tahun ajaran
mendatang. “HS di sini lebih terstruktur dengan ketentuan seminggu dua
kali, selebihnya anak-anak belajar sendiri,” ujar Kak Seto
menjelaskan.

Model pendidikan alternatif HS belakangan memang marak dipilih para
orang tua. Sekadar menyebut contoh, Ratna Riantiarno dan Neno Warisman
memilih model alternatif ini untuk pendidikan anak-anaknya. Seiring
dengan meningkatnya minat orang tua terhadap model pendidikan
alternatif ini, komunitas HS pun bermunculan. Selain KSHS, ada
Komunitas Berkemas, Kerlip, Morning Star Academy, Komunitas Ibnu
Amanah, juga Komunitas Kebun Main. Untuk memayungi berbagai komunitas
HS ini, Kak Seto bersama Departemen Pendidikan Nasional kemudian
menggagas lahirnya Asah Pena (Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan
Alternatif) pada 4 Mei 2006.

Salah satu anggota Asah Pena, Komunitas Berbasis Keluarga dan
Masyarakat (Berkemas) diakui sang pendirinya, Yayah Komariah,
kebanjiran permintaan HS. Berdiri tahun 2003, saat ini ada 55
homeschooler yang tersebar di berbagai kota. Menurut Yayah, ia sendiri
tak mematok angka tertentu untuk biaya HS di tempatnya. “Terserah
keikhlasan mereka,” katanya berkilah. Yang pasti, saat ini saban bulan
ada orang tua yang memberi Rp 30 ribu, ada juga yang Rp 200 ribu.
Sementara untuk ujian semester, ia mematok Rp 50 ribu untuk biaya
pembuatan soal, di luar ongkos kirim untuk muridnya yang berada di
luar kota.

Berkemas yang membuka untuk pengajaran setingkat SD dan berkantor di
gang sempit di kawasan Pasar Minggu, diakui lulusan IKIP Jakarta ini,
juga direspons para orang tua yang tinggal di Kalimantan. “Karena
jarak jauh, saya hanya mengirimkan modulnya,” ujarnya.

Seperti juga Berkemas, Morning Star Academy Home Schooling (MSA HS)
diakui pendirinya, Wanti Wowor, juga banyak mendapat permintaan.
Dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, MSA HS yang melayani tingkatan
SD sampai SMA saat ini memiliki sekitar 400 homeschooler. “Metode yang
kami pakai merupakan adaptasi dari metode HS di luar negeri. Kami juga
bekerja sama dengan Franklin Classical School di Amerika Serikat,”
ungkap Wanti yang mendirikan MSA HS pada 2002.

Diakui Kak Seto, saat ini pihaknya juga tengah membina kerja sama
dengan asosiasi HS di AS dan Australia. Seiring dengan permintaan HS
yang makin banyak, Juli mendatang Kak Seto akan menerapkan program
e-learning. Selain itu, KSHS juga akan diwaralabakan. “Sudah ada
permintaan franchise dari Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar,
Batam, dan Denpasar,” katanya. Menurut Kak Seto, pada Mei-Juni
mendatang akan ada pelatihan untuk tutor waralaba. “Sehingga Juli
nanti, franchise sudah bisa berjalan,” kata Kak Seto yang tak mau
menyebut biaya mengambil waralaba KSHS.

Sejatinya, Kak Seto tidak memikirkan dampak bisnisnya. Sistem waralaba
ini dibuat lebih untuk menjaga kualitas HS supaya tidak melenceng.
“Saya akan selektif memilih calon franchisee, yang jelas orientasinya
tidak sekadar bisnis,” tuturnya. Pembagian keuntungan sendiri, 40%
untuk KSHS dan 60% untuk franchisee-nya.

Menurut Dhanang Sasongko, Direktur Pengelola KSHS sekaligus Sekjen
Asah Pena, modal awal untuk membangun komunitas HS sebesar Rp 20-25
juta. “Termasuk kecil karena tidak memerlukan perawatan gedung
belajar,” katanya. KSHS memiliki fasilitas pertemuan para homeschooler
di Salapa Knowledge Center dan rumah Kak Seto. “Sampai Maret ini kami
sudah (mencapai) BEP (breakeven point),” katanya. Sampai Maret lalu,
KSHS memiliki empat tutor.

KSHS mematok uang pangkal Rp 1,5 juta untuk level SD ataupun SMA.
Adapun uang kegiatan untuk level SD Rp 1,5 juta dan untuk level SMA Rp
2 juta. Sementara iuran bulanan SD dipatok Rp 350 ribu dan SMA Rp 450
ribu. Untuk tahun ajaran baru yang dimulai Juli nanti, biaya-biaya ini
tentu saja bisa berubah. Kalau orang tua menginginkan ada tutor yang
datang ke rumah, ada biaya ekstra. Untuk tingkat SD, sekali seminggu
Rp 440 ribu, dua kali seminggu Rp 800 ribu, dan tiga kali seminggu Rp
1 jutaan. Sementara untuk SMA, seminggu sekali Rp 520 ribu, dua kali
seminggu Rp 880 ribu, dan tiga kali seminggu Rp 1,3 juta.

Reportase: Rias Andriati
HTS

66 Responses to “Bisnis Baru: Home Schooling”

  1. Anton p January 16, 2008 at 2:58 pm #

    Gimana caranya bisa jadi franchiser HS?
    saya tinggal di pekanbaru…

  2. ines setiawan March 4, 2008 at 3:55 pm #

    Menyedihkan sekali, homeschooling dimaknai sangat dangkal demi mengeruk keuntungan jangka pendek.

  3. Mariana March 11, 2008 at 5:02 am #

    Saya juga butuh informasi gimana caranya jadi franchiser?
    Saya tinggal di Medan

  4. andriyanti pahlevi March 20, 2008 at 5:50 pm #

    saya tertarik untuk gabung jd franchiser homeschooling, saya butuh infonya. saya tinggal di cikarang. tq

  5. irma April 4, 2008 at 5:12 pm #

    saya tertarik untuk menjadi franchiser KSHS mohon di kirimkan info,bagaimana caranya ?

  6. Lily April 25, 2008 at 10:11 am #

    Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang homeschooling dan syarat-2 untuk mengambil franchise.

  7. ANDRY April 30, 2008 at 10:05 pm #

    GW PUNYA ADIK TAPI DIA TROUMA SEKOLAH DI FORMAL SCHOOL, KARENA SUATU HAL. TRUS AKU PIKIR MUNGKIN HOME SCHOOL BISA MENJADI ALTERNATIFNYA, MASALAH NYA AKU TINGGAL DI PEKANBARU, ADA GAK HOME SCHOOL DI PEKANBARU

    • oLa July 24, 2009 at 11:35 am #

      Saya minta alamat homeschooling nya yang d pekanbaru donk.. Trims..

      • diana September 25, 2009 at 7:09 am #

        saya juga minta HS di pekanbaru…
        saya 15 thn.trauma dgn sklah formal..
        terima kasih atas jawabannya…

    • Novi (Mom's Aqeela dan Khaira) January 30, 2011 at 12:24 am #

      Homeschooling gak mesti terdaftar di salah satu lembaga mas. Saya juga tinggal di Pekanbaru. Mungkin kapan2 kita bisa tukar pikiran.

      • Yunita November 24, 2011 at 5:13 pm #

        Asslmkm, ibu Novi, salam kenal. Saya ibu Yunita di Semarang, ingin sharing tentang homeschooling. Bolehkah saya tau email anda? Email saya : neetha2801@yahoo.com

  8. valina May 7, 2008 at 7:08 pm #

    saya dan adek saya ingin secepatnya daftar homeschool di kak seto,bagaimana cara cepatnya,thx

  9. veve June 16, 2008 at 10:20 am #

    Saya pengen dapat informasi lebih banyak tentang E-Hughes dan KSHS. Buku-buku seperti yang dipakai. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian materi. Sebagai informasi, saya tinggal di Surabaya, anak saya saat ini masih berusia 3.5 tahun dan sedang bersekolah di play group. Saya pengen dia home schooling saat masuk TK atau SD. Tapi jujur aja…..saya juga masih bingung. Katanya kita bisa padat ijazah yang diakui pemerintah dengan mengikuti kejar paket A,B, atau C. Tapi beberapa hari lalu saya lihat di koran Jawa Pos, ada seorang anak yang nggak bisa melanjutkan kuliah karena ijazah-nya Paket C.

  10. Poppy Pontoh June 22, 2008 at 5:37 am #

    Saya ibu yang bekerja, apakah anak2 saya juga bisa mengikuti home schooling? dan apakah ijazahnya nanti bisa di akui jika suatu saat akan masuk kerja. juga saya minta informasi berapa perkiraan biayanya

  11. windi July 4, 2008 at 5:26 pm #

    apa tuh bisnisnya?

  12. widya July 22, 2008 at 12:20 pm #

    di surabaya HS dah ada gak??
    Saya perlu infonya . txs

  13. georgia August 8, 2008 at 3:46 pm #

    saya minat home schooling SD untuk anak saya.dia trauma untuk sekolah formal.Gimana caranya?brp besar biayanya?memungkinkan untuk gratis ga?krn saya single parent krn kekerasan dlm rmh tangga.biaya untuk hidup&makan saja msh kurang,rmh pun ga pny,ga mampu biayainya. Mohon info sejelas-jelanya.
    Thanks……

  14. yulinda August 26, 2008 at 2:30 pm #

    BAGAIMANA JADI FRANCHISEE?? TOLONG INFONYA. TKS

  15. rinnie September 12, 2008 at 9:43 am #

    saya sangat tertarik dgn prog.home schooling mau dong infonya dimana saya bisa mendaftar serta biayanya, thanks……

  16. Wimpie H September 19, 2008 at 2:00 pm #

    di Surabaya dimana

  17. nurul October 25, 2008 at 12:40 pm #

    anak saya 3th.kemarin bulan juli kumasukkan ke sekolah formal yaitu playgroup yang berbasis agama islam.akhir2 ini ga mau sekolah. apa ada info homescooling lengkap?

  18. Rendhani E November 5, 2008 at 6:34 pm #

    Saya seorang guru, 7 tahun pengalaman mengajar 3 orang anak di sebuah perkebunan kelapa sawit di kalteng.saya diminta orang tua mereka untuk mempersiapkan 1 anak kelas 6 SD untuk menghadapi ujian, 1 anak kelas 7 dan 1 anak kelas 3. Saya mengajar hampir semua mata pelajaran dengan kurikulum indonesia dan Singapore untuk math n science, Cambridge untuk ESL. Diberikan dalam 2 bahasa, Inggris dan Indonesia. Saya juga mengajar mereka menyanyi, main gitar, menari, art dan craft. Saya juga megajar mereka teknik belajar quantum study.
    Apakah yang saya lakukan termasuk homeschooling? atau sekolah privat? karena materi hampir sama dengan yang diberikan di sebuah sekolah national plus, dengan beberapa tambahan, karena orang tua mereka menginginkan anak-anak mereka siap untuk sekolah di jakarta atau mungkin ke luar negeri, mengingat keterbatasan sekolah
    umum yang ada di perkebunan ybs. mohon ditanggapi. terimakasih

  19. Rendhani E November 5, 2008 at 6:37 pm #

    Saya seorang guru, 7 tahun pengalaman mengajar. sekarang saya mengajar 3 orang anak di sebuah perkebunan kelapa sawit di kalteng.saya diminta orang tua mereka untuk mempersiapkan 1 anak kelas 6 SD untuk menghadapi ujian, 1 anak kelas 7 dan 1 anak kelas 3. Saya mengajar hampir semua mata pelajaran dengan kurikulum indonesia dan Singapore untuk math n science, Cambridge untuk ESL. Diberikan dalam 2 bahasa, Inggris dan Indonesia. Saya juga mengajar mereka menyanyi, main gitar, menari, art dan craft. Saya juga megajar mereka teknik belajar quantum study.
    Apakah yang saya lakukan termasuk homeschooling? atau sekolah privat? karena materi hampir sama dengan yang diberikan di sebuah sekolah national plus, dengan beberapa tambahan, karena orang tua mereka menginginkan anak-anak mereka siap untuk sekolah di jakarta atau mungkin ke luar negeri, mengingat keterbatasan sekolah
    umum yang ada di perkebunan ybs. mohon ditanggapi. terimakasih

  20. fendy November 5, 2008 at 11:53 pm #

    saya pengn masuk hs gimana caranya ya?saya tinggal didaerah cinere jakarta,saya ingin hs karena saya,tidak naik,dan menurut saya sendiri lebih baik home schooling,tolong info biaya dan tempat hs yg ada didaerah jakarta selatan,saya mohon dan minta tolong,karena saya masih dan ingin menuntut ilmu,kalo bisa tolong kabar kan ke.no.hp saya 085781026067 dan no.rmh 0217535468,trimakasih

  21. intan November 17, 2008 at 6:13 pm #

    ada ga home schooling di bali???
    kalo ada alamat nya dmn?
    trims…

  22. Dee November 23, 2008 at 9:45 pm #

    Morning Star Academy tersedia juga di surabaya. Untuk info lebih lanjut hubungi 031-5347819 saja.

  23. dina November 29, 2008 at 6:46 pm #

    home schooling di bali alamatnya dong

  24. ririt November 30, 2008 at 12:18 pm #

    boleh gak saya dapat informasi HS yang lokasinya di daerah surabaya & semarang?

  25. joice veronica January 20, 2009 at 8:59 pm #

    saya sangat tertarik dgn prog.home schooling mau dong infonya dimana saya bisa mendaftar serta biayanya, thanks……

  26. Andreas Dachlan February 6, 2009 at 8:50 pm #

    Ass, Khusus nya untuk Kak Seto, Saya sangat kagum dengam semua ide dan kecintaan anda terhadap anak, mungkin kah KSHS dapat menampung anak2 para pensiunan dan keluarga tak mampu yang terhimpit masalah keuangan tapi anaknya tidak dapat meneruskan pendidikan di lembaga formal yang ada, menilik angka yang di patok diatas sangat ironis dan dikhawatirkan KSHS menjadi komunitas exclusive khusus kalangan atas. tks Wass

  27. fachriana February 10, 2009 at 11:18 am #

    Saya Tinggal di medan,,
    Saya ingin bertanya alamat lengkap untuk mendftar home schooling di medan
    thanx,,

  28. Admin February 10, 2009 at 12:33 pm #

    untuk info tentang home schooling, mbak fachriana bisa bertanya kepada Ayah Edy di http://ayahkita.blogspot.com

  29. icha March 10, 2009 at 6:49 pm #

    apakah home schooling bisa diterapkan untuk pendidikan anak usia dini? mengingat biaya pre school mahal sekali . mohon penjelasannya
    trims

  30. naning March 11, 2009 at 3:04 pm #

    mohon info homeschooling yang ada di Semarang, beserta alamat lengkapnya ya…. thank u

    • winda May 2, 2009 at 3:44 pm #

      akan dibuka di semarang HSKS (homeschooling Kak Seto) info lengkap hubungi Jl. Klenteng Sari I no. 03, Banyumanik, Semarang

  31. erdhyn n March 14, 2009 at 12:03 am #

    oot:
    saya ingin pasang iklan disini bisa?
    kalau bisa, kirimi penawarannya ke emailku r_dhyn@yahoo.com
    terimakasih

  32. lulus March 16, 2009 at 8:55 am #

    BAGAIMANA JADI FRANCHISEE?? SAYA ADA DI SURABAYA TOLONG INFONYA. TKS

  33. aprillia March 19, 2009 at 10:07 pm #

    gmana crna ikt home skulin yg dsini?
    q hubunginna kmn?
    q tgl d sby..
    soalna q jg mau ikt hum skulin..
    drpd tar skulna d tgl..
    g skul kan jgrugiii..
    jdna cb tanya2 dsini d..

    tlg y..
    thx

  34. winda May 2, 2009 at 3:40 pm #

    akan dibuka Homeschooling Kak Seto di Semarang, launching tgl 23 Mei 2009, check it out at Jl. Klenteng Sari I no. 03, Banyumanik, Semarang

  35. yuli May 5, 2009 at 12:46 pm #

    HS ada di pekanbaru ga ??
    saya pengen daftar.
    berapa rincian harga nya ??
    thx

  36. fella June 10, 2009 at 1:08 pm #

    anak saya 11thn, kebetulan seorang atlit renang and motocross, domisili di surabaya, mohon info homeschoolling.

  37. ines June 14, 2009 at 9:18 am #

    Homeschool mudah dan murah, tidak perlu lembaga khusus dan tidak perlu bayar uang pangkal atau SPP. Caranya:
    – kurikulum bebas, kalau ingin pakai kurikulum diknas bisa beli buku textbook yang beredar di pasaran, bekas juga tidak apa-apa
    – kalau perlu bimbingan belajar, cari bimbingan apa saja, TIDAK PERLU yang bermerek HS
    – Untuk legalitas/ujian, cari PKBM di dekat tempat tinggal anda. PKBM jumlahnya ribuan di seluruh Indonesia dan biasa menyelenggarakan ujian kesetaraan. Biayanya antara GRATIS sampai 100.000an rupiah saja. kalau biayanya jauh diatas itu, cari PKBM lain yang lurus

  38. imelda July 19, 2009 at 3:22 pm #

    bagaimana cara menjadi franchiser HS bagi anka berkebutuhan khusus?

  39. Nola July 23, 2009 at 10:35 am #

    Apa ada home schooling kak seto d Pekanbaru ?

  40. margareth August 19, 2009 at 6:57 pm #

    Bagaimanan mandaftar ke KSHS atau hughes home
    schooling? Apakah anak berkebutuhan khusus
    seperti Down Syndrome bisa mengikuti HS atau
    lebih baik didaftarkan ke SLB

  41. marlis August 28, 2009 at 9:09 am #

    bleh tau dimana saya bisa daftar buat anak saya home schooling….usia 3 tahun n berbahasa inggris….

  42. renata October 1, 2009 at 9:35 am #

    selamat pagi,, bisa gak saya di kasih alamat n no phone home schooling di semarang? . dan kalo mau gabung frenchaice caranya gimana? thx,,mohon di balas secepatnya yah,,,

  43. maniiis October 9, 2009 at 9:06 am #

    homeschooling di bali ada ga?? Pleasss infonya Thx

    • rina December 2, 2009 at 10:23 am #

      saya mau nanya bagaimana kalau saya ingin mengikutkan anak saya di homeschooling kak seto, padahal posisi saya di magelang-jawa tengah?

  44. mercy sihombing December 9, 2009 at 9:15 am #

    Senang sekali bisa ketemu website ini.
    Sebelumnya saya adalah pelaku homeschooling tunggal (mengajar untuk anak saya sendiri). Karena itu, saya jadi kenal baik dengan Ka Seto, Bu Yayah, Pak Danang…

    Tiga tahun sudah saya jalani homeschooling tunggal, sekarang anak saya Christie 10 tahun sudah lulus SD Homeschooling dengan nilai di atas rata-rata.
    Saya memiliki background sebagai guru kelas 1 -12 di Morning Star Academy Jakarta dan Sekolah International Universal Kemayoran Jakarta.

    Nah setelah membuktikan pada diri sendiri (dan orang lain) bahwa saya mampu menjalankan homeschooling, baru tahun 2010 ini saya membuka pintu bagi siapa saja yang ingin menikmati homeschooling.

    Buku saya berjudul Jangan Berani Masuk Homeschooling, sedang diedit untuk diterbitkan.

    Saya sekarang berdomisili di Denpasar. Jadi, yang mau gabung, silakan…

    Mercy Sihombing (081.999.0839.22 dan 0817 004 6767)

  45. claudya January 18, 2010 at 10:53 am #

    saya mau minta alamat homeschoolig yang di makassar?

  46. lili February 3, 2010 at 1:06 pm #

    kok homeschooling jadinya lebih mahal?????

  47. halona February 17, 2010 at 2:16 pm #

    Selamat siang….

    Bagaimana cara dan syarat untuk memperoleh frenchaice HS????
    Saya tinggal di Medan. Bisa gak saya minta alamat dan no phone HS?????

    tolong di balas secepat-nya…..

    Thank’s…..

    • halona February 17, 2010 at 2:20 pm #

      Bisa gak saya minta alamat dan no phone HS yang ada di Medan????

      Tolong balas secepat-nya….

  48. indah apsari April 1, 2010 at 8:16 am #

    ada ngga home schooling di denpasar bali??? mohon infonya ini untuk anak SMA…karna siswa ini memang sangat membutuhkan HS,mohon infonya.. trim’s

  49. Ninis May 5, 2010 at 6:59 pm #

    Salam..
    Sy minta alamat homeschooling d makassar..
    Tolong ya..

  50. Niya June 24, 2010 at 3:10 pm #

    saya mau ngedaftar jadi guru homeschooling di kak seto semarang apakah masih bisa ?
    dan bagaimana caranya ?
    terima kasih

  51. LOWONGAN KERJA ENGLISH TUTORS June 25, 2010 at 6:38 pm #

    Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
    I would like to share good news also. Here you:
    LOWONGAN KERJA ENGLISH TUTORS. Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang
    i. Pekanbaru (0761-7641321)
    ii. Balikpapan (0542-737537)
    iii. Samarinda (0541-273163)
    iv. Banjarmasin (0511-3362559)
    v. Palembang (0711-350788)
    vi. Makassar (0411-451510)
    vii. Surabaya (031-5324548)
    Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com atau hubungi Nomor Telepon yg tertera diatas. Contact Person: 081 24 111 111 (dodi)
    Kunjungi http://www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.

  52. Th. Rusdianawati July 6, 2010 at 3:39 pm #

    Mohon dibantu info dan syarat2 jadi member frainchaisee KSHS. Saya domisili di Semarang. Sangat saya tunggu. Tks

  53. LIA July 7, 2010 at 11:17 am #

    kalo ikut HS cuma 1 tahun bisa ga? biayanya brp? anak saya juli ini umurnya 5 tahun 7 bulan. ga diterima di sd negeri dengan alasan umur. kalo ikut HS satu tahun terus transfer ke sd negeri tahun berikutnya bisa ga? adakah yang tahu? oh ya, lokasi saya di semarang

  54. dinda July 12, 2010 at 4:31 pm #

    apa home schooling bisa di terima di universitas seprti ugm ? plis jawab, kalo bisa aku minat bgt ikut HS semarang.

  55. firman juliansyah September 1, 2010 at 10:03 am #

    Dear semua pembaca, saya inging mengenalkan materi ajar untuk HS-er. Para siswa HS dapat belajar secara online kapanpun dan dimanapun. hanya dengan login saja, siswa dapat mengakses ratusan konten pembelajaran yang atraktif. ada animasi, teori, games, try out dan bimbel. biaya berlanggananannya sangat murah yaitu hanya Rp 5.500.- per bulan atau Rp 66.000.- setahun. jadi selama masih berlangganan, siswa akan mendapatkan full akses di website http://www.indi-smart.com. saat ini sudah terdaftar ribuan pengguna termasuk dari luar negeri. untuk infonya, Anda dapat menghubungi 022 71294696 atau visit http://www.indi-smart.com dan http://www.myindismart.blogspot.com

  56. Rumah Belajar Bumi Cendekia February 17, 2011 at 1:59 pm #

    Saya punya rumah belajar yang lebih menekankan pada homeshooling alamatnya di Solo

    Saya baru merintis…

Leave a comment