Daftar Gaji PNS 2010 Setiap Golongan

12 Jan

Daftar Gaji PNS 2010 Setiap Golongan

Pemerintah berencana menaikkan gaji pokok dan tunjangan pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun depan sebesar rata-rata 5 persen. Selain itu, pemerintah juga akan menaikkan tunjangan secara signifikan kepada PNS di 12 departemen atau lembaga yang akan menjalankan program reformasi birokrasi.  Mengacu pada Peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2009 dengan Perubahan Kesebelas atas PP Nomor 7 tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji PNS yang diterbitkan awal Januari 2009, pemerintah menetapkan gaji terendah dan tertinggi PNS, berikut ini…

Gaji pokok PNS terendah sebesar Rp 1.040.00 untuk Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun. Dan gaji pokok tertinggi sebesar Rp 3.400.000 bagi PNS golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun.

Gaji pokok ini tidak termasuk tunjangan yang diberikan kepada PNS. Jika memasukkan tunjangan, take home pay terendah PNS bisa dilihat di sini.

Berikut ini perincian detail gaji PNS dari golongan terendah ke tertinggi:

Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.040.000
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.091.700
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 16 tahun sebesar Rp 1.262.700
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.320.300
Pegawai Golongan II b dengan masa kerja 5 tahun sebesar Rp 1.462.300
Pegawai Golongan II b dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.650.800
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.487.600
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.561.600
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.720.700
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.550.600
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.627.600
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp Rp 1.793.400
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.655.800
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.738.100
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 1.869.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.954.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.051.400
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 10 tahun sebear Rp 2.206.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 2.880.800
Sementara untuk pejabat eselon I, yaitu golongan IV d dan golongan IV e:
Golongan IV d dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.212.900
Golongan IV d dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.322.900
Golongan IV d dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.498.200
Golongan IV d dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp3.262.000
Golongan IV e dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.306.500
Golongan IV e dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.421.200
Golongan IV e dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.603.900
Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 3.400.000

Sumber :

Daftar Gaji PNS 2010 Setiap Golongan

atau

Daftar Gaji PNS 2010 Setiap Golongan

atau

http://www.tvone.co.id : Daftar Gaji PNS 2010 Setiap Golongan

33 Responses to “Daftar Gaji PNS 2010 Setiap Golongan”

  1. Suyatna Pamungka January 14, 2010 at 3:00 pm #

    walah…dikit ya…?
    kalah ama swasta.he

  2. dadung January 17, 2010 at 6:43 pm #

    hehe, itu mah gaji pokok aja,klo sama tunjangan,wah gak usah ditanya lagi,tunjangan bisa2 3x dari gaji pokok (gw alamin juga)

    • Rahmawati kim sung soo February 26, 2011 at 5:43 pm #

      masasih….”?????

  3. adang kusumah January 19, 2010 at 5:13 pm #

    jangan gajinya aja tunjangan jabatan struktural harus diperhatikan juga oleh pemerintah karena perbandingannya sangat jauh sekali antara esslon II, III dan IV

  4. rini puspito February 2, 2010 at 10:29 am #

    ya mudah-mudahan tidak hanya 5% gaji naik,…soalnya gaji belum naik aja harga barang-barang dah naik hampir 20%, ra yo podo ae to….

    • Admin February 5, 2010 at 11:45 pm #

      betul.baru isu mau naik gaji aja barang2 sdh naik duluan.pdhl tdk ada korelasinya antara kenaikan gaji pns dg kenaikan harga barang(korelasinya hanya dg harga BBM).kasihan mereka2 yg tdk naik gajinya.

  5. sylvie February 3, 2010 at 7:41 am #

    Gaji semakin meningkat, kinerja semakin ditingkatkan. Negara semakin mantap.

  6. N_Ach February 4, 2010 at 10:49 am #

    Alhamdulillah gaji naik… tapi tolong perhatikan juga tunjangan fungsional auditor … ngak sebanding ama beban kerja…

  7. icuth February 6, 2010 at 10:18 am #

    jgn cuma tnjangan pendidik dunk yg d prioritaskan!tnaga kesehatan kykna prlu d prtimbangkan jg,,

  8. adi March 3, 2010 at 9:34 am #

    alhamdulilah…dr pada ga naik….tp kebutuhan pokok jg naik………………

  9. eno March 4, 2010 at 12:10 am #

    ksian bngt ya PNS pants aja bnyak yg korup.. coz pjabatnya aja yg tinggi dgn alasan tanggung jawab. smentara yg di paksa kerja n banting tulang justru yg 1a – IIIa.

  10. dwiarso March 4, 2010 at 8:08 am #

    Ini kan gaji 2009 kok bilangnya 2010 to?

  11. linda setyawati March 9, 2010 at 2:25 pm #

    jangan fungsinal thok yg dipikirin, struktural juga donk

  12. rey March 15, 2010 at 1:30 pm #

    gimana rakyat mau makmur PNS aja gaji nya cuma segitu seharus ny pemerintah berpikir sepantas nya . . jangan cuma menteri aje gaji gede , mobil mewah , rumah dapet (gede lagi)
    gw cuma mau ngasitau aje tolong realistis dikit klo ngasih gaji buat PNS . . .

  13. wedig March 18, 2010 at 10:39 pm #

    yang pasti “konsep” nya gaji pegawai hanya cukup untuk 2 minggu bulan berjalan, nga memungkinkan untuk punya rumah n kend R4 yah paling mantap sekedar punya kend r2. tp kenyataannya lain ya. jd bingung????

  14. achmad fajar March 19, 2010 at 5:38 pm #

    mo dikit, mo banyak, yang gue butuhin daftar tabel yang lengkap, dari o th berurutan ke sekian tahun tiap golongan, jangan lompat2 masa kerjanya, judulnya gagah, daftar pergolongan, eh gak taunya lompat2, payah bro, bikin dong yang lengkap. gol I masa kerja 0,1,2,3…..dst. Gol 2 masa kerja, 0,1,2,3….dst dan selanjutnya. itu baru informasi yang up to date. kalau gak bisa gak usah kasih info, bikin dongkol aja, cape buka2 isinya kaya gitu. tapi sukur pemerintah naikain gaji babe gue.

  15. Mantri Kasihatan March 22, 2010 at 3:11 pm #

    Syukur gaji dh naik,tp barang ampuuun deh….kalu bisa renumerasi juga dunkz gaji pegawai scr keseluruhan…minimal gol terendah 3 jt gitu….barang jangan naik lebih hebat dari gaji,khan daya beli tetap terjaga bapak, kerja juga ga loyo….

  16. Ogut March 23, 2010 at 1:32 pm #

    Itu duit rakyat jangan diobral. Kinerja mesti diperbaiki dulu, akhir2 ini PNS naik gaji melulu. Bagaimana dengan buruh swasta? Siapa yg memikirkan? Apalagi yang pengangguran? Negeri ini tidak hanya dihuni oleh PNS saja. Sebagian besar adalah rakyat jelata yang kerjanya tidak digaji dari negara. Itu sama saja dengan jaman kumpeni (Belanda). Hanya mementingkan pegawai negara saja.

  17. adhitya kusuma April 15, 2010 at 6:56 pm #

    alhamdulillah, tapi tuh harga sembako dan sprint duluan.Elpiji paling gesit, gula pasir, beras .. siapa lagi yang nyusul ?

  18. fitri April 30, 2010 at 12:43 pm #

    kinerja yang seharusnya ditingkatkan, dan tingkat keimanan juga harus ditingkatkan, bukan gaji saja,,, supaya negeri kita tercinta ini bebas dari korup, aman n sejahtera…. tapi kalo dippikir2 emang besar gaji swasta yang udah jd staff….

  19. bus June 15, 2010 at 9:43 pm #

    kapan ya kita sejahtera

  20. kaaa June 21, 2010 at 4:40 pm #

    gila gak sesuai am bayar uang muka nya…yg katanya amplop it…..

  21. dodot July 7, 2010 at 9:15 pm #

    jangan hanya pns saja yg dinaikan lihat tuh,buruh2 pabrik untuk makan saja susah,naikan dong umr nya

  22. nuryono89 July 25, 2010 at 7:41 am #

    kebutuhan pokok lebih cepat naiknya .. wah sulit…. ????

  23. fulan August 1, 2010 at 11:14 am #

    selama ya… bagi yang pns. seolah negara ini hanya dihuni oleh pns-pns saja sehingga pemerintah benar-benar memikirkan dan memperhatikannya. golongan terendah pns saja sudah mendapatkan minimal 1040000. ya semua itu ssepantasnya disyukuri. tidak hanya merasa kurang saja.
    PNS (guru) sejahtera……………. guru swasta bagaimana…..
    guru swasta dengan lulusan rata-rata S-1 bahkan S-2 gaji perbulannya rata-rata berkisar 500000.
    Sekarang lihat tuh… pemerintah jangan hanya memperhatikan pns saja. Guru swasta itu juga bagian dari rakyatmu. Yang setiap mendapatkan penghasilan harus kau minta membayar pajak.
    Guru swasta untuk mendapatkan tunjangan fungsional saja harus berstatus guru tetap. jika bukan guru tetap tidak mendapatkan tunjangan. begitu pula dengan sertifikasi guru. Bagitu pilunya nasib guru swasta. Katanya hidup di negara merdeka, tentram, lohjinawi, dan serba kaya sumber daya alamnya tetapi masih terasa berat untuk menjalani kehidupannya.
    Pemerintah, anggota dewan, dan pihak-pihak pembuat kebijakan tolonglah berpikir, bekerja, dan berpihaklah pada semua golongan sehingga negara ini benar-benar menjadi negara yang tentram dan merdeka.

  24. hajib August 5, 2010 at 10:40 pm #

    kenapa pemerintah hanya memperhatikan guru saja, kami pegawai yang bertugas di sekolah juga sangat berperan, bahkan kami bekerja setiap hari, tidak kayak guru yang hanya 4 hari bahkan kurang dari itu datang setiap minggunya….. mereka banyak liburnya ..///

  25. hilman August 14, 2010 at 12:22 pm #

    tunjungan anak dari lahir sampai kuliah tetep gak ada kenaikan cuma 2,..%.

  26. fauzan August 23, 2010 at 9:04 am #

    sbenarnya gaji pegawai yang pas minimal 2 juta untuk gol 1 a, gol 2 a 3 juta, gol 3 a 4 juta gitu yang cocok bpak ibu

  27. bulekbasandiang November 16, 2010 at 1:33 pm #

    masih kecil ternyata….

  28. brondolan November 30, 2010 at 11:21 am #

    inikan gaji pokok bang???
    coba yang lengkap dengan tunjangan dan lain2…

    kemudian kenapa PNS bisa hidup mewah jika gajinya cuma segituh…!!!!!!!!
    dan mereka jg gak ada usaha lain selain jadi PNS!!!!!!!!!!!!!!!!

    jawab nya??????????

  29. *winko* December 7, 2010 at 8:04 pm #

    aq gak ada uang untuk kulia, aq akan cari uang sendiri

  30. Hanifah Khusnul August 8, 2011 at 10:23 pm #

    Dari td saya buka goegle …youtube….ingin mendptkan info brp gaji golongan III c aja kok ngga ada yg nyantrumin di situ?Sbnernya brp sih nominalnya?

  31. Cinta korup December 7, 2011 at 10:09 am #

    Gaji 1,6jt tunjangan 3kali lipat korupsi s/d 20milliar jam kerja efektif 1jam per hari ( sisanya tidur sambil ngopi and nonton tv ) itu baru golongan III a coba udah naek pangkat… Makannya kita bangga jadi PNS🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: