Grand Launching Portal Referensi Ilmiah Indonesia “Garuda”

16 Dec

Informasi dari milis FPPTI

================================================

Dear Anggota Milis ICS dan FPPTI,

Selasa, 15 Desember 2009, di Hotel Millennium, Jakarta, telah diselenggarakan Seminar Hasil Pelaksanaan Penelitian Bagi Peneliti dan Perekayasa sesuai Prioritas Nasional Tahun 2009. Undangan yang hadir kurang lebih 300 peserta, memadati ruang Ballroom Java dan Sumatra. Bersamaan dengan acara tersebut, Garuda (Garba Rujukan Digital), secara resmi diluncurkan oleh Prof. Dr. Fasli Jalal (Dirjen Dikti Depdiknas).

Apa itu Garuda? Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan rujukan ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Garuda yang mencakup antara lain e-journal domestik, tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi), paten, prosiding, Standar Nasional Indonesia (SNI), Pidato pengukuhan guru besar para akademisi dan peneliti, dikembangkan oleh Direktorat P2M-Dikti Depdiknas bekerjsama dengan PDII-LIPI serta berbagai perguruan tinggi dalam hal penyediaan konten.

Konten lokal yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi/Lembaga, selama ini memang kurang di-expose sehingga memberikan kesan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di Indonesia ketinggalan jauh bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini mengakibatkan masyarakat ilmiah kita kurang dikenal dan diakui, sehingga terasing baik secara nasional maupun internasional. Guna mengatasi masalah ini kami mencoba membuat portal ini sehingga hasil karya para akademisi dan peneliti Indonesia dapat dikelola secara terintegrasi dan dapat diakses oleh masyarakat luas (baca: internasional) .

Untuk akses ke Garuda, silakan kunjungi situs berikut:
http://garuda. dikti.go. id

Garuda masih belum sempurna, untuk itu Garuda akan terus dikembangkan. Harapan kami, Garuda mampu berperan sebagai salah satu sarana efektif dalam penyebarluasan informasi, memungkinkan terjadinya jalinan komunikasi, baik antar perpustakaan kontributor/ anggota maupun antar individu dan memudahkan pengguna untuk saling bertukar informasi.

Di samping itu, Garuda juga bertekad ingin menjadi acuan pertama dan utama untuk akses informasi ilmiah nasional. Dengan adanya Garuda, diharapkan terjadi kolaborasi penelitian, terwujudnya penelitian bertaraf internasional dan meminimalkan segala bentuk plagiarisme dan duplikasi penelitian.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih detail tentang Garuda atau PT/Lembaga Anda ingin menjadi kontributor, silakan mengunduh PANDUAN PENGGUNA dan PANDUAN KONTRIBUTOR dalam situs Garuda.

Bagi pembaca yang sudah mengenal RII (Referensi Ilmiah Indonesia), Garuda adalah nama barunya. Silakan mencoba, mohon masukan untuk pengembangan Garuda ke arah yang lebih baik.

Terima kasih.

Salam,
Mariyah
Anngota Tim Pengembang Garuda
Telp: (021) 7864076 HP: 08128522568
e-mail: garuda@ui.ac. id; mariyahbudi@ yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: