workshop dengan tema “Meningkatkan Citra Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan ISO 9001:2008”

5 Aug

No. : 118/ Mgr.LKC/VII / 2009 14 Juli 2009
Hal : Undangan Workshop
Lamp. : Brosur

Yang Terhormat.
Bapak / Ibu Pimpinan
Universtias/ Sekolah/Instansi
Di tempat

Dengan hormat,

Library and Knowledge Center (LKC) bekerja sama dengan Quality Management Center QMC) BINUS University akan mengadakan workshop dengan tema “Meningkatkan Citra Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan ISO 9001:2008″ Peserta workshop adalah Manajer/Kepala Perpustakaan, Pustakawan, Manager Unit, Kepala Administrasi, Manajer/staf TI, dan pemerhati kepustakawanan yang ingin menerapkan ISO di institusi/universit asnya.
Tujuan workshop adalah agar peserta mampu memahami ISO 9001:2008 dan menerapkan pada proses bisnis di sekolah/universitas /instansi tempat mereka bekerja. Dengan demikian layanan prima yang berorientasi pada kepuasan pengguna dapat terlaksana.
Workshop akan dilaksanakan, pada
Hari / Tanggal : Rabu – Kamis / 12-13 Agustus 2009
Pukul : 08.00 – 17.00 wib.
Tempat : Kampus Anggrek, Lantai VIII Ruang 826,
Jalan Kebon Jeruk Raya no. 27, Palmerah
Jakarta Barat 11530
Untuk mendapatkan gambaran lebih rinci mengenai acara tersebut kami lampirkan brosur kegiatan tersebut. Semoga Bapak/Ibu berkenan untuk mengikutinya.

Terima kasih
Hormat kami,

Dra. Endang Ernawati, M.Lib.
Library and Knowledge Center Manager

———— ——— ——— ——— ——
WORKSHOP MENINGKATKAN CITRA PERPUSTAKAN PERGURUAN TINGGI DENGAN ISO 9001:2008

Latar Belakang
” Good is not enough if better is possible” , demikian slogan motivasi
yang sering kita dengar dan yakini bersama. Saat ini, banyak
organisasi dan perguruan tinggi yang telah beroperasi dengan baik
(good) tetapi kebanyakan dari mereka belum berani menjaminkan mutu
operasional dengan standard internasional yang merupakan usaha ke arah
better, salah satunya adalah dengan menerapkan ISO 9001:2008.
Pencapaian “better” dapat dilakukan dengan penerapan penjaminan
mutu yang akan menjadi indikator kesehatan suatu organisasi dan
kinerja akademik universitas, dan bahkan mampu menjadi daya saing
organisasi atau perguruan tinggi tersebut. Apabila penjaminan mutu
secara internal semakin baik maka perguruan tinggi tidak akan
mendapatkan kesulitan untuk memenuhi ukuran penjaminan mutu yang
ditetapkan secara eksternal, misalnya Departemen Pendidikan nasional,
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, atau bahkan menjadi A
World Class Institution or University.
Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi menyebutkan bahwa
perpustakaan perguruan tinggi merupakan unsur penunjang perguruan
tinggi, yang bersama-sama dengan unsur penunjang lainnya, berperan
serta dalam melaksanakan tercapainya visi dan misi perguruan tingginya
( 2005:3). Sebagai unsur penunjang, perpustakaan seyogyanya memiliki
proses bisnis yang telah tertata rapi, dapat dilaksanakan dengan
mudah, dan hasilnya semakin baik. Hal ini dapat berhasil dengan
dukungan suatu standard operasional untuk penjaminan mutu yang disebut
ISO 9001:2008.
ISO 9001:2008 dapat diterapkan pada perpustakaan yang masih dalam
taraf pengembangan awal , misalnya penyusunan standard operasional
layanan (SOP), penataan koleksi, ruangan, sarana, dan SDM. Dalam
taraf ini ISO 9001:2008 diharapkan dapat meletakkan dasar proses di
perpustakaan hingga dapat menjamin mutu operasional yang sesuai dengan
kebutuhan pengguna.
Selain diterapkan di perpustakaan pada taraf awal, ISO 9001:2008 dapat
diterapkan pula pada perpustakaan yang sudah beroperasi dengan baik
tetapi ingin meningkatkan fungsinya menjadi perpustakaan digital,
learning center, atau knowledge center yang sekarang sedang menjadi
“trend”. Penerapan ISO 9001: 2008 akan mempermudah pengembangan
tersebut dengan cara membakukan prosedur, memonitor proses, dan
kreativitas serta innovasi layanan yang mungkin dan telah dilakukan
oleh perpustakaan tersebut.
Seperti telah diketahui bahwa Binus telah menerapkan ISO 9001:2000
sejak tahun 1997 dan ternyata penerapan ini berdampak positif bagi
pengembangan universitas, termasuk perpustakaan. Dengan demikian,
Binus dapat membagikan pengetahuan dan ketrampilan agar semakin banyak
universitas yang berdaya saing sehingga mampu mencapai a World Class
Operational Library supporting A World Class University.
Saat ini di Indonesia telah banyak perpustakaan yang ingin merapikan
operasional dan menjaminkan mutunya dengan standard internasional,
oleh karena itu Library and Knowledge Center (LKC) bekerja sama dengan
Quality Management Center (QMC) BINUS University menanggapi kebutuhan
tersebut dengan menyelenggarakan Workshop dengan topik Mengelola
Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan ISO 9001:2008 .

Tujuan
Workshop ISO 9001:2008 dilakukan dengan tujuan agar pustakawan mampu :
1. menjelaskan arti, latar belakang, manfaat, dan isi ISO 9001:2008;
2. membuat Standar Operasional Prosedur proses bisnis di library;
3. menganalisis proses yang kurang efektif dan efisien di dalam
operasional library;
4. mempersiapkan library mendapat sertifikasi ISO 9001:2008;
5. menciptakan kepuasan pengguna dan kenyamanan karyawan ketika bekerja.
Sasaran
Dengan mengikuti Workshop ini, pustakawan diharapkan mampu
1. meningkatkan kinerja layanan perpustakaan dengan diterapkannya
Layanan Prima yang berorientasi ke pengguna;
2. menciptakan pengembangan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran dan riset yang ada di institusi/universit as;
3. Memperbaiki manajemen perpustakaan dengan menerapkan perencanaan,
pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check,
action)

Kegiatan
Workshop akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Selasa dan Rabu, 12-13 Agustus 2009
Tempat : Kampus Anggrek, Lantai VIII Ruang 826
Jalan Kebon Jeruk Raya no. 27, Palmerah
Jakarta Barat 11530
Denah Lokasi seperti pada Gambar 1.(pada lampiran/brosur)

Peserta dan Persyaratan
1. Peserta workshop adalah Manajer/Kepala Perpustakaan, Pustakawan,
Manager unit, Kepala Administrasi, Manajer/staf TI, dan pemerhati
kepustakawanan yang ingin menerapkan ISO di institusi/universit asnya.
2. Peserta bisa membawa SOP yang telah berlaku atau masih dalam draft
untuk disusun kembali sesuai dengan ISO 9001:2008.
3. Agar materi workshop dapat dipahami dan dipraktikkan maka jumlah
peserta dibatasi 30 orang, oleh sebab itu mohon peserta segera
mendaftar agar mendapatkan kesempatan mengikuti workshop ini.
Pendaftaran
Pendaftaran workshop dimulai tanggal 30 Juni – 10 Agustus 2009.
Untuk mendaftar, silakan menghubungi:
Khristina Marsuti Telp. (021) 5350660 ext. 1163, atau HP: 08129035040
Email: admindigilib@ binus.edu

Biaya Workshop
Biaya workshop sebesar Rp.1.000.000, – (satu juta rupiah) dan
ditransfer paling lambat Selasa, 10 Agustus 2009 ke :
Nomor rekening : 527- 038-96-96
Atas nama : Univ. Bina Nusantara
Bank : BCA KCP Bina Nusantara

Konfirmasi Pembayaran

1. Peserta dapat melakukan konfirmasi pembayaran dengan melakukan
salah satu dari alternatif berikut.
1.1. Peserta mengirimkan hasil fotokopi dari slip pembayaran ke
alamat berikut.
Library and Knowledge Center
Kampus Anggrek
Jl. Kebon Jeruk Raya 27
Kemanggisan, Jakarta Barat 11530
Indonesia
Telepon 62-21-5350660 ext. 1163
Fax : (021) 5300244.

1.2. Peserta mengirim scan slip pembayaran ke alamat e-mail :
admindigilib@ binus.edu
Keterangan : peserta akan dicatat sebagai peserta apabila telah
mentransfer biaya pelatihan dan melakukan konfirmasi.
Hak Peserta
Peserta akan mendapatkan seminar kit, makan siang, snack, sertifikat,
dan konsultasi terkait materi selama sebulan.
Metode Pembelajaran

1. Ceramah
2. Workshop penyusunan prosedur dan Instruksi Kerja.

Agenda

Workshop dibagi menjadi 2 (dua) hari, yaitu teori dan praktik dengan
agenda berikut.

Hari I : Rabu, 12 Agustus 2009
08.30 – 09.00 : Pendaftaran dan Kopi pagi
09.00 – 09.30 : Upacara Pembukaan
Pemahaman ISO 9001:2008 oleh David Saktyawan, meliputi
09.30 – 10.15 : Quality Awareness ( Kesadaran akan Kualitas)
10.15 – 12.00 : Keuntungan penerapan ISO 9001:2008
12.00 – 13.00 : Istirahat, makan siang, sholat
13.00 – 15.15 : ISO 9001:2008 Requirement 1
15.15 – 15.45 : Rehat Kopi
15.45 – 17.00 : ISO 9001:2008 Requirement 2

Hari I : Kamis, 13 Agustus 2009

Praktik Penyusunan Prosedur dan IK oleh Endang Ernawati, Cuktho, Etikawati.
09.00 – 10.00 : Pengantar Penerapan ISO 2001: 2008 untuk Perpustakaan
10.00 – 12.00 : Praktik Pembuatan Prosedur I
12.00 – 13.00 : ISHOMA
13.00 – 15.15 : Praktik Pembuatan IK
15.15 – 15.45 : Coffee Break and Sholat
15.45 – 17.00 : Review dan Tanya Jawab

(Info selengkapnya ada pada brosur terlampir)

Leave a comment