Emas

23 Dec

Apabila pada tahun 2000 Anda membeli rumah dengan harga Rp 200 juta, mungkin nilai rumah Anda sekarang sudah sudah naik menjadi Rp 300 juta. Dari segi nilai uang berarti ada kenaikan 50%, tetapi apabila ini di nilai dengan emas, maka sebenarnya harga nilai rumah Anda ini anjlok drastis. Dengan uang Rp 200 juta di tahun 2000 Anda masih bisa mendapatkan 2.365 gr emas, sedangkan dengan uang Rp 300 juta di tahun 2008 Anda hanya akan mendapatkan 1.001 gr emas saja alias anjlok lebih dari 50% atau setengahnya. Kenapa demikian ?

Nilai uang semakin hari semakin melorot, tanya saja sama diri sendiri apa yang Anda bisa dapatkan dengan uang Rp 10.000 sekarang ini dibandingkan dengan tahun 2000. Kebalikannya ditahun 2000 harga emas masih US$ 288,50 per troy ounce (troy ounce = 31,1035 gr) sedangkan pada bulan Maret 2008 harga emas sudah mencapai US$ 1.030 per troy ounce. Atau kenaikan lebih dari 350% dalam kurun waktu hanya delapan tahun, berarti apabila di tahun 2000 Anda bukannya beli rumah melainkan beli emas, maka uang Anda sekarang ini dari Rp 200 juta sudah menjadi berlipat kali ganda mencpai Rp 700 juta.

Maka dari itu apabila Anda ingin nabung bukannya nabung uang melainkan belilah emas batangan, apalagi bunga bank pada saat ini rendah, sedang harga minyak dipasar dunia maupun bahan pangan naik gila-gilaan, sehingga nilai rupiah semakin anjlok. Tetapi bagaimana dengan investasi dalam jual beli saham ?

David Rubenstein seorang pialang saham yang telah menjadi kaya melalui saham, sehingga pada saat ia jaya, ia mampu membeli secarik kertas tua dengan harga US $ 21,3 juta. Ialah kertas bersejarah Magna Charta, tetapi sekarang ini perusahaannya Calyle-Fonds hampir bangkrut dengan menanggung hutang sebesar US $ 20 milyar. Hal yang sama dialami oleh Stephen Schwarzman dalam beberapa bulan saja harta kekayaannya anjlok melorot habis lebih dari 90%, karena main saham, padahal ia termasuk sebagai pialang saham yang paling sukes sehingga pada saat kejayaannya ia mampu menyumbangkan uang sebesar US $ 100 juta untuk Perpustakaan di New York.

Bukan saja para pialang saham yang menjadi bangkrut dan miskin, melainkan banyak bank diseluruh dunia pada saat mengalami krisis berat, bahkan banyak juga yang sudah tutup karena mereka salah investasi dalam saham. Beberapa bank di Jerman satu negara kaya, kalau tidak dibantu oleh pemerintahnya sudah lama ditutup, karena kerugian besar salah investasi main saham.

Pada bulan Maret 2007 harga emas US $ 646, sedangkan pada bulan Maret 2008 sudah mencapai US $ 1.030 hanya dalam kurun waktu satu tahun; kenaikan US $ 384 atau lebih dari 50%. Mana ada bank di dunia yang akan bisa memberikan bunga sedemikian tingginya, menabung Rp 10 juta dalam setahun menjadi Rp 15 juta !

Bagaimana dengan kita yang tidak punya modal untuk beli emas ? Bagi mereka yang berani mengambil risiko atau gambling, Anda bisa pinjam uang dari bank dengan bunga 15% walaupun bunga tinggi, tetapi Anda masih tetap bisa meraih untung banyak.

Investasi emas bukan hanya dalam bentuk emas batangan saja, melainkan bisa juga dengan membeli koin emas misalnya uang Dinar Emas, akhir Desember 2006 harga Dinar Emas per koin masih sekitar Rp 500 ribu sedangkan sekarang sudah mencapai Rp 1.183.000. Koin emas lainnya yang digemari ialah koin Krugerrand dari Afrika Selatan mulai dari 3,3931 gr s/d 33,9305 gr ataupun Double Eagle koin emas US Dollar (15, 046 gr).

Harga emas memang naik turun, tetapi ini masih jauh lebih baik daripada memiliki saham. Misalnya apabila pada bulan Oktober 2007 Anda membeli saham dari salah satu bank terkemuka di Amerika “Bear Stearns” Anda harus bayar sekitar US $ 85,00 per saham, tetapi apabila Anda mau jual sekarang ini; nilai saham tersebut tidak lebih dari “dua” US $ atau kerugian lebih dari 90%. Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda memiliki logam mulia, emas adalah emas, kertas saham adalah kertas, jadi nyata benar bedanya antara kertas dengan logam mulia.

Yang sudah bisa dipastikan nilai US Dollar akan semakin turun melorot, sedangkan harga minyak semakin melambung tinggi . Konon, hal inilah yang mendorong pemerintah China yang merencanakan untuk menukar dana reserve mereka sebesar satu triliun US $ dengan emas.

Anda bisa bayangkan sendiri apa yang akan terjadi di pasaran, apabila China memborong senilai satu triliun US $ emas, bisa-bisa harga emas akan melambung dua kali lipat daripada harga sekarang ini. Jadi kesimpulannya walaupun harga emas sekarang ini sudah cukup tinggi, tetapi saya yakin dalam kurun mendatang ini harga mas masih tetap akan meroket naik melambung tinggi.

Bagi mereka yang tertarik untuk mengetahui tentang emas dan bagaimana caranya investasi dalam bentuk emas, mohon jangan investasi terlebih dahulu melainkan bacalah sambungan dari oret-oretan emas nya Mr Goldfinger Ucup

Mang Ucup

Email: mang.ucup@gmail.com

Homepage: http://www.mangucup.org

Nama Gold Bugs adalah nama sindiran bagi mereka yang sudah tidak percaya lagi akan mata uang yang berlaku entah itu US $, Euro ataupun Yen. Menurut mereka semua mata uang yang ada di dunia itu sekedar tipuan dari setiap pemerintah, karena nilai uang kertas tersebut tidak sesuai lagi dengan emas cadangan yang mereka miliki. Jadi sudah dapat dipastikan entah mata uang apapun juga dalam jangka waktu tidak lama lagi akan hilang nilainya. Satu-satunya yang bisa bertahan hanya logam mulia (LM) misalnya emas. Itulah pendapat dari kaum Gold Bugs.

Mungkin Anda tidak percaya, tetapi buktikanlah sendiri berapa banyak bahan pangan seperti terigu, beras, minyak tanah dll-nya yang bisa Anda dapatkan dengan nilai uang Rp 100 ribu ditahun yang lampau dibandingan dengan nilai uang yang sama pada saat sekarang ini.

Dengan bunga 10% yang Anda dapatkan dari Bank, tidak akan bisa menutupi kekurangan atau perbedaan harga tsb. Beda dengan emas !

Apabila Anda menyimpan emas bukannya uang; harga per troy ounce (troy ounce = 31,1035 gr) setahun yang lampau masih US$ 610,00 tetapi sekarang sudah mencapai US$ 915,00 berarti kenaikan 50%. Berarti nilai investasi simpanan Anda jauh bertambah banyak; bukannya berkurang, seperti apabila Anda menyimpan uang !

Kenapa harga emas, semakin meningkat ? Sebab emas itu semakin langka dan semakin sukar di dapat, sedangkan kebutuhan semakin meningkat. Hanya sebagian kecil saja yang dijadikan emas batangan ataupun perhiasan, sebab sebagian besar hasil emas dibutuhkan juga untuk industri maupun untuk kesehatan misalnya gigi emas.

Masyarakat di India & China semakin makmur, dan mereka invest di emas, apalagi di India . Emas bagi wanita India merupakan jaminan hidupnya bukan sekedar untuk hari tua saja, sebab apabila wanita India cerai, maka sebagai gono-gini hanya perhiasan yang ada dan dipakai di badan mereka saja yang bisa dibawa sebagai gono-gini.

Emas dalam bahasa Inggris disebut Gold yang diserap dari bahasa Jerman Kuno = “ghel” yang berarti “bersinar” atau “kuning” sedangkan simbol untuk unsur kimianya adalah AU yang diserap dari bahasa Latin “AUrum” = Cahaya Fajar.

Apabila Anda ingin investasi emas, jangan dalam bentuk emas perhiasan, sebab pada saat kita membeli emas perhiasan tersebut kita harus membayar ongkos pembuatannya dan ini tidak akan kembali pada saat kita menjualnya. Emas perhiasan yang memiliki kadar karat 24 akan jauh lebih mudah dijual daripada yang kadar karatnya lebih rendah misalnya 18 karat. Oleh sebab itu diusulkan kalau mau investasi emas, sebaiknya emas batangan. Emas batangan ataupun koin lebih mudah dijual dan dicairkan jadi uang, daripada emas perhiasan.

Investasi emas sebaiknya tidak dilakukan untuk jangka waktu dibawah satu tahun.

Rumah gadai pada umumnya jarang menjual emas batangan, tetapi mereka memiliki banyak koin emas. Jangan lupa untuk menyimpan sertifikat maupun kwitansinya dan jangan simpan emas dirumah sebaiknya di safe deposit box di Bank.

Emas batangan tersedia dalam berbagai macam berat ukuran, mulai dari 1 gr, 2 g, 3 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr dan yang terberat adalah 1 kg. Apabila Anda memiliki dana yang cukup maka di usulkan selalu memilih emas batangan dengan pecahan yang besar sebab ini lebih menguntungkan.

Emas batangan dapat diperoleh di toko emas, rumah gadai atau yang paling save dari PT Aneka Tambang, disingkat PT ANTAM disitu mereka memiliki persediaan emas yang paling lengkap. Beli emas itu mudah tidak perlu persyaratan tertentu. Alamat dari PT ANTAM, Unit bisnis PP Logam Mulia, Jl. Pemuda, Jl Raya Bekasi Km 18, Jakarta 13010, Tel.: 021-475 7108, 021- 478 65948 atau 021-478 65942.

Harga emas di seluruh dunia di tentukan sehari dua kali di London pada pkl 10.30 pagi dan pkl 15.00 waktu setempat. Penentuan harga ini lebih dikenal dengan sebutan “London Gold Fixing”, tradisi ini diawali sejak tgl 12 September 1919. Bagi mereka yang ingin mengetahui harga emas yang up-to-date maupun dari masa lampau; silahkan klik:

http://www.kitco.com/charts/livegold.html atau

http://www.investasi-emas.info/

Buku yang menarik untuk dibaca mengenai investasi emas adalah “Kemilan Investasi Emas”

Sebenarnya masih banyak yang bisa saya tulis mengenai emas, tetapi saya khawatir ini hanya akan membosankan para pembacanya saja.

Mang Ucup

Email: mang.ucup@gmail.com

Homepage: http://www.mangucup.org

One Response to “Emas”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Emas - December 23, 2008

    […] Admin Blogged about a good topic today on chinmi.wordpress.comCheck it out: […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: