Sumber Informasi untuk Mahasiswa dan Pengajar

28 Apr

Rekan-rekan,

Pertama-tama, terimakasih atas puja-puji tiga rekan di ICS (PakDe,
Mamok, Subhan) baru-baru ini dan I am humbled by the flattery. Tentu
anda-anda dan saya juga akan tetap ingat bahwa di ICS ini ada
penghuni yang justru mengatakan saya sok-tahu, sok-kritis, dan bahkan
dipertanyakan ahlaknya.

Ya, terserah saja lah.. Ini forum bebas. Silakan memuji dan memaki,
asal tetap kontekstual dan jangan menghina nenek-moyang … he he
he.. karena nenek-moyang saya adalah nenek-moyang kalian semua
juga!šŸ™‚

Baiklah, itu bukan tujuan saya menulis posting ini.

Bersama posting ini saya mengundang (dengan rendah hati) para
mahasiswa dan pengajar bidang ilmu perpustakaan dan informasi, di
mana pun Anda semua berada, tanpa melihat institusi, warna kulit, dan
makanan kesukaan Anda, untuk mengujungi blog kami yang sederhana:

http://iperpin. wordpress. com

Tujuan blog (yang gratis itu!) tak lain tak bukan adalah untuk
memopulerkan ilmu perpustakaan dan informasi DI KALANGAN SENDIRI.
Anda boleh bilang saya gokil, kok promosi di kalangan sendiri. Tetapi
menurut pengamatan saya yang mungkin amat terbatas, kita sendiri
(Anda dan saya) kurang mengenal ilmu perpustakaan dan informasi, dan
kurang ‘pede’ bicara tentang ilmu ini.

Maka jadilah blog itu dibuat, lengkap dengan gambar dan indeks (ini
dua hal yang memang baru dikerjakan minggu ini). Tadinya saya ingin
memuat gambar artis seperti Dewi Persik, tetapi saya pikir akan sulit
karena saya harus membayar royalti, dan rasanya gambar Dewi Persik
tidak terlalu berhubungan dengan isi tulisan saya. Jadi, mohon maaf
bagi penggemar gambar artis, saya tidak bisa memuatnya di blog.

Blog ini baru berusia satu bulan dan baru dikunjungi 2000an kali, dan
angka ini amat-sangat kecil dibandingkan beberapa blog orang
Indonesia yang sehari bisa dikunjungi 10.000 orang. Tadinya saya juga
kepengin punya blog sepopuler itu, tetapi rasanya juga tidak mungkin
memuat ‘bokep’ (tahu, kan, singkatan dari apa ini?) atau ulasannya di
blog tentang ilmu perpustakaan dan informasi. Jadi, ya sudah.. saya
tidak jadi memuat ‘bokep’ atau yang sejenis ‘bokep’ atau film-film
yang menghina agama. Biarin, deh, cuma dikunjungi rata-rata 100an
orang sehari, daripada nanti ditanya Malaikat dan nggak bisa njawab.

Namun dengan rendah hati saya memohon (I am begging you please)
kepada rekan-rekan di ICS, terutama yang punya akses ke dunia
pendidikan kesarjanaan ilmu perpustakaan dan informasi, mohon
beritahu mahasiswa, pengajar, dan pengelola jurusan-jurusan:
kunjungilah blog yang tidak ada gambar artis, tidak berisi bokep, dan
tidak mengulas kedengkian kepada agama dan rasul-rasulnya itu. Sekali
lagi, alamatnya:

http://iperpin. wordpress. com

Saya membayangkan kalau bisa sehari 200an pengunjung, naik dua kali
lipat dari sekarang, sudah lumayanlah. Blog itu sudah ada gambarnya,
kok.. dan gambarnya sudah berwarna. Isinya memang belum banyak, lha..
wong baru sebulan dan baru diisi oleh satu orang.

Isinya memang tentang ilmu, dan saya mohon maaf bagi para penggemar
praktik dan para pemuja aksi, sebab memang blog ini tidak bisa
beraksi. Lha.. wong namanya juga blog, yang mungkin kependekan dari
GOBLOG (terjemahannya: ayo, pergi bikin blog!). Isinya cuma ide-ide,
cuma teori, cuma tulisan (ada gambarnya sih!), cuma ocehan.

Dan cuma-cuma pula!

Dan Anda juga bisa nulis di situ. Bisa ngomong tentang tujuan hidup
seperti Debi, atau menyatakan kebingungannya nyari topik skripsi
seperti Anof, atau yang mengaku bengong dan ‘meliuk-liuk’ seperti
Purwoko… Banyak, deh, yang bisa Anda lakukan di situ. Belum ada,
sih, yang memaki-maki. Tapi mungkin akan ada.. he he he.. Mudah-
mudahan sih enggak dalam waktu dekat, ya…

Kalau Anda mau nulis artikel juga, WHY NOT??? Kirim ke saya, dan
nanti saya pikir-pikir dulu (boleh, dong!). Tetapi DEMI NENEK MOYANG
(saya nggak berani bawa-bawa Tuhan), saya mau terima tulisan Anda
dengan syarat sederhana: tidak lebih dari 300 kata, tidak berisi
gambar artis, tidak berisi atau mengulas bokep dan agama.

Atau mungkin ada yang mau mengusulkan baku-kait (interlink), WHY
NOT?? Boleh juga tuh..

Mari kita populerkan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia,
supaya kita bisa populerkan profesi pustakawan dan pekerja informasi,
supaya kita bisa minta gaji lebih gede.. he he he.

Cheers,

Putu Pendit

Sekali lagi:
Http://iperpin. wordpress. com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: