Laporan Dialog Terbuka dengan Roy Suryo

18 Apr

Dikirim oleh Riyogarta dalam Diary
http://riyogarta. com/2008/ 04/12/laporan- dialog-terbuka/ #more-599

Alhamdulillah acara Dialog Terbuka akhirnya bisa terselenggara dengan
baik dan lancar meskipun masih banyak beberapa hal yang menggajal.
Namun, point utama yang saya lihat disini adalah: terbukanya mata
pers terhadap tokoh yang selalu menjadi nara sumber `terpercaya’ bagi
mereka. Roy Suryo sebagai nara sumber yang sering dikutip media pada
kesempatan ini lagi-lagi menuduh bahwa permasalahan yang terjadi
adalah akibat mispersepsi. Dengan kata lain, Roy menuduh pers telah
melakukan `pelintiran’ berita. Nah, ini baru yang dinamakan `Air Susu
Dibalas Air Tuba’

Sebagaimana diketahui, pers lah yang berjasa membesarkan nama Roy
Suryo sebagai seorang Pakar. Namun pada acara ini, Sang Pakar
kelihatannya lupa akan hal itu. Roy dengan tegas menuduh pers
memelintir pernyataan-pernyata annya sehingga menimbukan mispersepsi.
Kacang lupa pada kulitnya, sungguh disayangkan.

Berikut beberapa point yang menjadi catatan saya:

[*] Roy Suryo sangat pandai mengaburkan pertanyaan yang sudah saya
sampaikan. Saking pandainya, moderator pun mengalami kesulitan untuk
memberhentikan pembicaraan yang sudah keluar dari topik. Alhasil
banyak waktu terbuang oleh pembicaraan Roy yang panjang lebar namun
tidak menjawab.

[*] Jika kemarin pernyataan-pernyata an Roy cenderung memojokkan
blogger, maka pada dialog tersebut Roy Suryo mendadak insyaf dengan
mencoba memperbaiki hubungannya dengan para blogger. “Mari kita
bersama-sama …”, “Saya sangat appreciate …” dsb. Sayang, disatu sisi
Roy insyaf disisi lain dia khilaf Menurutnya, permasalahan dirinya
dengan blogger (dan juga hacker) adalah akibat terjadinya pelintiran
yang dilakukan wartawan atas pernyataan-pernyata annya.

[*] Saat ini Roy Suryo sudah memiliki blog –meskipun belum ada
kesepakatan dengan dirinya sendiri untuk menggunakannnya. Blog ini
merupakan hadiah yang saya berikan dengan niat tulus dan ikhlas agar
Roy Suryo bisa memberikan contoh kepada semua blogger bagaimana
menjadi Blogger Positif

[*] Kelihatannya, Roy Suryo tetap akan diragukan kepakarannya sebelum
dirinya bisa menjelaskan secara teknis & detil tentang bagaimana dia
bisa melakukan berbagai hal yang luar biasa; misalnya cara mengetahui
siapa yang melakukan deface situs depkominfo sehingga dia begitu
yakin telah menemukan pelakunya.

[*]Bagi yang masih meragukan bahwa Roy Suryo adalah dosen UGM, pada
kesempatan ini Roy dengan tegas menyatakan bahwa hal itu benar, “Saya
adalah dosen UGM meskipun tidak digaji.”**gak digaji ko mau ya**
Roy Suryo secara resmi menghimbau para wartawan untuk juga mengutip
blog, dengan kata lain Roy menghimbau wartawatn untuk mendengarkanh
para blogger. Ini adalah pengakuan seorang Roy Suryo atas eksistensi
blog. Jadi sebenarnya, tanpa disadari Roy saat ini mengakui
keberadaan blog sebagai media yang bisa dijadikan rujukan wartawan
dalam membuat berita. Thanks ya Mas

[*]Datang tepat waktu serta ramah kepada siapa pun adalah hal positif
dari diri seorang Roy Suryo. Kedatangan Roy Suryo dalam acara ini
merupakan sikap yang patut kita hargai dan kita hormati.

Beberapa hal memang masih menggantung, beberapa hal bahkan belum
sempat ditanyakan, namun inilah hasil Dialog Terbuka yang sudah
maksimal bisa saya lakukan. Manusia punya keterbatasan, saya
menyadari bahwa ada beberapa kawan yang mungkin kecewa melihat hasil
Dialog tidak seperti yang diharapkan. Saya tidak menyalahkan pendapat
seperti ini, karena saya pribadi pun merasa kecewa. Harapan saya jauh
lebih besar dari yang bisa didapatkan saat ini.

Namun jika ada mengharap dialog ini berakhir dengan kemenangan atau
kekalahan, saya pikir Anda salah. Dialog ini bertujuan untuk mencari
jalan tengah dan membuka kebekuan antara Roy dan para blogger. Sayang
Roy sepertinya tidak menangkap hal ini, bahkan dengan ilmu
`ngelesologi’ (ini cabang ilmu baru) yang sangat dikuasainya tersebut
dia justru berhasil mendapat musuh baru yakni wartawan.

Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi saya. Ternyata
keinginan yang besar disertai niat yang tulus akan menghasilkan
sesuatu yang jauh lebih besar dari apa yang semula diinginkan. Saya
tidak pernah berpikir bahwa surat terbuka saya bisa menjadi acara
seperti yang telah terlaksana kemarin. Lebih dan kurang adalah hal
yang lumrah, apalagi ini adalah moment pertama dan insya Allah bukan
yang terakhir.

Beberapa orang mencibir ketika surat terbuka saya buat, beberapa
orang meragukan atas undangan yang saya buat apakah bisa menghadirkan
Roy Suryo. Tidak sedikit juga yang meragukan kemampuan diri saya
untuk berdialog dengan “You Kno Who”. Banyak komentar miring atas
undangan dialog terbuka yang saya buat dan menuduh saya memiliki niat
macam-macam Ah sudahlah, yang penting pada akhirnya alhamdulilah
acara bisa digelar.

Sebuah keputusan tidak akan bisa menyenangkan semua pihak. Sikap saya
untuk tampil dalam acara yang telah saya prakarsai juga merupakan
keputusan. Mohon maaf jika ternyata dialog belum bisa menghasilkan
sesuatu yang lebih kecuali hanya beberapa point diatas.

Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada:
Semua blogger, wartawan dan siapa pun yang telah mendukung acara ini.
Universitas Budi Luhur sebagai fasilitator
Okezone sebagai partner media
Universitas Bina Nusantara yang telah menyediakan Live Stream.
Mas Abimanyu yang telah bersedia menjadi moderator sukarelawan

Leave a Reply

