UT Kembangkan Digital Library

23 Jan

KAMPUS
UT Kembangkan Digital Library

SUARA KARYA, Selasa, 22 Januari 2008

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Terbuka (UT) siap mengembangkan digital library dan e-bookstore untuk meningkatkan aksesibilitas mahasiswa terhadap bahan ajar UT secara online. Saat ini intensifikasi penggunaan ICT baru untuk evaluasi hasil belajar.

“Diharapkan, mahasiswa UT bisa lebih mudah dalam mengakses buku-buku tutorial yang dibutuhkan. Karena, yang terpenting dari sistem pendidikan jarak jauh adalah ketersediaan bahan-bahan perkuliahan secara lengkap,” kata Rektor UT, Atwi Suparman, dalam diskusi dengan wartawan di Jakarta, Senin (21/1).

Disinggung kemungkinan UT menggelar online tutorial atau perkuliahan langsung lewat internet, Atwi mengatakan itu tidak mungkin dilakukan. Sebab, sifat pendidikan jarak jauh adalah nontatap muka, tidak seperti pada perkuliahan konvensional.

“Jika online tutorial diterapkan, itu menyalahi esensi pendidikan jarak jauh yang mendorong mahasiswanya untuk belajar mandiri. Lagi pula, tindakan itu seperti pepatah ‘menggarami air laut’ atau sia-sia,” ucapnya.

Selain itu, Atwi menambahkan, mahasiswa UT sebagian besar adalah guru atau karyawan yang waktunya banyak dihabiskan untuk bekerja. Dengan demikian, perkuliahan dengan sistem online akan menimbulkan masalah tersendiri. “Belajar di UT itu kan fleksibel dibanding kuliah online yang seperti kuliah konvensional, ” tuturnya.

Untuk merealisasi semua rencana itu, Atwi menyebutkan, UT membutuhkan sekitar 204 orang tenaga, yang terdiri dari dosen, petugas administrasi umum, dan ICT yang akan disebar di 37 unit pembelajaran jarak jauh (UPBJJ) di seluruh Indonesia. Saat ini karyawan UT berjumlah 1.805 orang, dengan jumlah mahasiswa 450 ribu orang.

“Proporsi pegawai di UT untuk bidang-bidang yang dibutuhkan dalam pendidikan jarak jauh belumlah memadai. Untuk UPBJJ di daerah seharusnya punya 4 tenaga dosen, termasuk UPBJJ yang punya 20.000 mahasiswa pun,” katanya. (Tri Wahyuni)

http://www.suarakar ya-online. com/news. html?category_ name=Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: