Apakah e-commerce itu?

14 Jan

e-commerce adalah aspek penjualan dari sebuah electronic business.

Jika anda mendengar tentang orang yang berbelanja di internet dan
bagaimana orang membuat website untuk menjual barang, melakukan
transaksi, menerima pembayaran, dan memenuhi pesanan, maka anda sedang
mendengar tentang e-commerce.

Apakah e-business itu?

e-business adalah keseluruhan aktivitas bisnis berbasis internet
seperti membuat strategi untuk menjalankan perusahaan berbasis
internet; meningkatkan komunikasi antar karyawan, supplier, dan
customer serta berkolaborasi dengan rekanan untuk koordinasi desain
dan produksi melalui media elektronik. e-commerce adalah bagian dari
e-business.

Apakah e-organization itu?

e-organization adalah aplikasi dari konsep e-business ke seluruh
organisasi. e-organization tidak hanya mencakup perusahaan bisnis,
tetapi juga dapat mencakup rumah sakit, sekolah, museum, lembaga
pemerintah dan militer. Jadi misalnya, Kantor Dinas Pajak telah dapat
menerima pembayaran pajak melalui internet, maka Kantor Dinas Pajak
dapat dikategorikan sebagai e-organization.

e-organization memiliki tiga komponen utama yaitu internet, intranet
dan extranet.

[1] Internet adalah sebuah worldwide network of interconnected
computers atau jaringan sedunia dari keterhubungan komputer-komputer.

[2] Intranet adalah internet yang dimiliki sebuah organisasi.

[3] Extranet adalah extended intranet yang hanya dapat diakses oleh
sejumlah karyawan tertentu atau tamu yang telah mendapat otorisasi
(authorized outsider)

Apakah cyberloafing itu?

Cyberloafing adalah tindakan karyawan dalam menggunakan akses internet
di organisasinya selama jam kerja untuk mengunduh (surf) website yang
tidak berhubungan dengan pekerjaan atau membaca dan mengirim e-mail
pribadi.

Sebuah survey di Amerika menunjukkan, 24,5% karyawan menghabiskan
waktu sedikitnya 1 jam untuk mengunduh website yang tidak berhubungan
dengan pekerjaan. Diperkirakan biaya yang dihabiskan untuk
cyberloafing mencapai $3 juta setahun untuk setiap 1000 karyawan yang
memiliki akses internet.

Bila pekerjaan tidak menarik atau menciptakan stres berlebihan,
karyawan akan terdorong untuk melakukan sesuatu di luar pekerjaan.
Bila karyawan memiliki akses mudah ke internet, karyawan cenderung
menggunakan internet untuk menghilangkan kejenuhan atau stres.

Solusi untuk masalah ini antara lain adalah membuat tugas pekerjaan
menjadi lebih menarik bagi karyawan, menyediakan waktu-waktu istirahat
formal untuk mencegah pekerjaan menjadi monoton atau menetapkan arahan
yang jelas tentang penggunaan internet sehingga karyawan memahami
perilaku on line seperti apa yang diharapkan. (disadur dari OB, 2003).
Bagaimanakah situasi penggunaan Internet di kantor anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: