Keunggulan Air Raksa Sebagai Alat Pengukur Suhu Temperatur Untuk Termometer

31 Jul

Thu, 26/07/2007 – 9:42pm

Jika anda ingin mngetahui sebab-sebab  digunakannya air raksa yang merupakan satu-satunya bentuk logam yang cair sebagai alat pengukuran suhu atau temperatur pada termometer, bisa dilihat di :

Organisasi.org

atau di :

http://organisasi.org/keunggulan-air-raksa-sebagai-alat-pengukur-suhu-temperatur-untuk-termometer-belajar-ilmu-pendidikan-fisika-online

About these ads

40 Responses to “Keunggulan Air Raksa Sebagai Alat Pengukur Suhu Temperatur Untuk Termometer”

  1. sis dharma wirawaskita August 6, 2007 at 7:44 am #

    makasih infonya

  2. robert Mendonca August 13, 2007 at 1:13 am #

    pelajaran fisika di SMP ya

  3. fandri September 3, 2007 at 9:45 am #

    tlong dong beri data yang malakukan pengukuran di alam variasi tekanan dan temperatur dari 3 macam gas yang brbeda sehingga menunjukkan kondisi gas ideal? thank,fandri

  4. yara September 22, 2007 at 1:20 pm #

    kenapa sih titik beku dan titik didihnya punya rentang yg jauh ?

  5. adde October 10, 2007 at 1:58 am #

    tolong dong, sebutin jenis2 termometer yg ada; siapa penemunya, kelebihan dan kekurangannya msg2… utk tugas sekolah nih!

  6. pungky October 24, 2007 at 1:32 pm #

    tolong dong kerugian air raksav ???!

  7. pungky October 24, 2007 at 1:33 pm #

    tolong dong kerugian air raksa ???!

  8. Nuri November 13, 2007 at 4:59 am #

    kenapa ya ikan kok ga’ asin meski air laut asiiin,,,,,,???? tolong dijawab y…..!

  9. Hanato November 13, 2007 at 2:32 pm #

    Mengapa why selalu always ? tidak pernah never ?
    Karena because biasanya usualy, kalau if jadi so, tidak mungkin imposible….

  10. Resdi November 20, 2007 at 7:21 am #

    tolong donks…
    kapan udara bisa disebut dingin?
    dan kapan udara bisa disebut panas?
    dengan matematis yah jgn dgn proses pengukuran.
    thanx…

  11. Paijo November 26, 2007 at 3:25 am #

    Lho kok yang dibahas cuman kelebihannya doang. Mustinya kasih info yang seimbang dong biar pembaca tahu secara lebih komprehensif. Sebagai orang usil, saya coba usul untuk dibahas juga kekurangannya seperti, bersifat racun sehingga musti hati-hati menangani termometer yang pecah karena suatu hal, dll. Selain air raksa, kan masih ada logam lain yang juga berupa cairan dalam suhu ruang yaitu GALIUM. Bagaimana kelebihan dan kelemahan galium jika dipakai sebagai pengisi termometer. Mana yang lebih baik, galium atau air raksa ? Terimakasih dan salam eksperimen.

  12. ridho January 16, 2008 at 11:02 am #

    tolong dong, kelemahan atau keburukan air raksa apa nih?

  13. Ridha January 23, 2008 at 11:39 am #

    Mkasih infønya.Qt di NTT g mmpelajari sdlm itu.jd dgn info dr kmu,Q jd tau byk…skali lg mkasih.n ttap breksperimen ya.N jgn lupa,hslx dimsukin sni lg biar dpt info baru.ato kmu bs krm lwt email.almtx islamicute@yahoo.com.mksh byk.hehe

  14. angel March 4, 2008 at 9:00 am #

    makci ya info na..klo bisa yang lebih banyak lagi dunk….

  15. TaMa March 7, 2008 at 7:57 am #

    Ada g’ yg lain selain raksa yg bagus untuk temperatur???

  16. agus April 5, 2008 at 11:49 am #

    tolong donk sebutkan alat pengukur yg lain sama kegunaan nya…
    pliz tugas nech tolongin donk…

  17. didik April 8, 2008 at 12:51 pm #

    kelemahan raksa sebagai pengisi termometer?
    plis jawab za!

  18. syahriah May 8, 2008 at 12:15 pm #

    thanks yuach buat infonya this is the best

  19. joni July 11, 2008 at 12:54 pm #

    tolong kirim gambar thermo meter air raksa dan dudukannya pengukur suhu mesin

  20. joni July 11, 2008 at 12:56 pm #

    tolong kirimkan gambar thermometer air raksa pengukur temp air pendingin mesin

  21. Suprie July 31, 2008 at 2:08 pm #

    Minta tolong macam2 Termometer dong ama price list nya,….
    Ada yang lagi nyari neeh…

  22. dIvA September 8, 2008 at 1:06 pm #

    materi nyy bagus…..
    tpi di kasih gambar nyy dunkz !!

  23. evan October 6, 2008 at 6:22 pm #

    eh bantu cari gambar nya donk~ susa nee.. kalo ga ad gambar na…………

  24. heru November 19, 2008 at 11:15 am #

    mnta tlog jelasin proses pengukurn suhu di dalam tubuh

  25. heru November 19, 2008 at 11:17 am #

    jelasin juga mekanisme terjadinya head stroke

  26. heru November 19, 2008 at 11:19 am #

    jelasin juga mekanisme head stroke

  27. safi March 6, 2009 at 9:16 am #

    thanks bangets.. youwwwwwww……….?

    ney bantu tugas 2 q?

  28. Nisa April 18, 2009 at 9:29 pm #

    Apakah Air Raksa itu berbahaya?

  29. Nisa April 18, 2009 at 9:31 pm #

    Apa saja kelemahan Air Raksa? Tolong di jelasin y……?

  30. Admin April 21, 2009 at 1:29 pm #

    Berikut ini beberapa tambahan tentang air raksa :

    Merkurium (air raksa) adalah logam alami dan satu-satunya logam yang pada suhu kamar berwujud cair. Logam murninya bewarna keperakan, tak berbau, mengkilap. Bila dipanaskan sampai suhu 357 derajat Celcius air raksa akan menguap.

    Selain untuk kegiatan penambangan emas, logam merkuri digunakan dalam produksi gas khlor dan soda kaustik, termometer, tambal gigi, dan baterai. Merkurium dapat berada dalam berbagai senyawa. Bila bergabung dengan khlor, belerang, atau oksigen, merkuri akan membentuk garam.

    Garam merkurium sering digunakan dalam krim pemutih dan krim antiseptik. Merkurium anorganik (logam dan garam merkurium) terdapat di udara dari deposit mineral, dan dari area industri. Merkurium yang ada di air dan tanah terutama berasal dari deposit alam, buangan limbah, dan aktivitas vulkanik. Dari berbagai sumber ini, cemaran industri pertambangan paling besar kontribusinya.

    Merkurium dapat pula bersenyawa dengan karbon membentuk senyawa organo merkurium. Senyawa organomerkuri yang paling umum adalah metilmerkurium, yang terutama dihasilkan oleh mikroorganisme (bakteri) di air dan tanah. Karena bakteri itu kemudian terikut (termakan) oleh ikan, maka di ikan konsentrasi merkurinya cenderung tinggi.

    Ikan yang memakan ikan yang telah mengandung metilmerkurium kemudian akan mengakumulasi lebih banyak merkurium lagi, dan seterusnya. Maka ikan yang ada di puncak piramida makanan dapat mengandung merkurium sepuluh kali lipat kandungan merkurium di air yang tercemar.

    Pengorbanan Wetterhahn

    * Setiap kasus metilmerkurium selalu mengingatkan pada jasa- jasa Prof Wetterhahn dari Darmouth College, Amerika Serikat. Dialah yang meneliti metilmerkuri, tapi secara tragis menjadi korban dari metilmerkuri.

    Saat meneliti pengaruh metilmerkuri pada informasi genetika, tanpa sengaja ia menumpahkan dua tetes metilmerkurium di sarung tangan plastiknya. Tetesan tadi merembes ke kulit serta meresap masuk.

    Tiga bulan kemudian, ia pusing-pusing dan muntah-muntah hebat. Lima bulan kemudian, bicaranya menjadi tidak jelas, penglihatan menjadi kabur, pendengaran kurang, dan tidak dapat lagi berjalan tegak.

    Wetterhahn akhirnya meninggal dalam usia 42 tahun. Hanya dua tetes metilmerkurium, telah merenggut nyawa seorang ibu, istri, dan sekaligus ilmuwan brilian.

    Kini mestinya jangan sampai ada lagi nyawa melayang karena keganasan metilmerkurium. Apalagi kalau itu diakibatkan oleh ketidakmautahuan pengusaha dan penguasa serta ketidaktahuan masyarakat. (Ismunandar Dosen Kimia FMIPA ITB)

    Sumber :

    http://www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=138&Itemid=3

    =============================================================

    Air raksa atau merkuni (Hg) merupakan suatu bahan kimia
    yang diperlukan dan dipakai oleh banyak industri seperti indus-
    tri cat, pestisida, farmasi serta dipakai sebagai bahan campuran
    tumpatan gigi yaitu amalgam. Amalgam sebagai bahan tumpatan
    gigi geligi terutama gigi bagian posterior masih banyak diper-
    gunakan, baik di dalam maupun di mar negeri karena mempunyai
    berbagai keuntungan yang tidak dipunyai bahan tumpatan lain-
    nya antara lain dalam hal kekuatan menahan daya kunyah,
    ekonomis, mempunyai masa kadaluarsa yang panjang serta teknik
    manipulasi yang mudah.
    Meskipun demikian, pemakaian amalgam sebagai bahan
    tumpatan gigi mempunyai risiko terjadinya pencemaran air raksa
    terutama bila cara penanganannya kurang baik.

    Keracunan air raksa terjadi karena terbentuknya senyawa
    yang mudah diserap yaitu air raksa yang teroksidasi atau terikat
    dengan sulfida. Uap air raksa cepat sekali teroksidasi sehingga
    pada dosis berlebih akan menimbulkan keracunan. Air raksa
    mudah pula diabsorpsi melalui kulit karena mudah larut dalam
    lemak. Dalam darah, air raksa diikat oleh protein plasma dan
    eritrosit. Air raksa akan dikeluarkan dalam waktu 6 hari setelah
    masuk ke dalam tubuh akan tetapi dapat pula tinggal sampai
    berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun
    (9)
    .
    Keracunan akut air raksa menunjukkan gejala-gejala seperti
    berkurangnya pengeluaran air seni sampai berhenti sama sekali,
    rasa haus, adanya rasa sakit dan terbakar pada kerongkongan dan
    perut, pusing, penyempitan lapang pandang, tremor, muntah
    darah, diarhea disertai lendir dan darah, sukar berbicara, menelan
    dan bernapas, nadi cepat dan tidak teratur serta kulit pucat dan
    dingin. Sedangkan pada keracunan kronis akan tampak gejala
    mirip Parkinsonism seperti terjadi perubahan kepribadian, tremor
    dan kejang, albuminuria, radang selaput mata serta kebutaan, ke-
    tidakteraturan bunyi jantung, urtikaria, erythema, polineuropati,halusinasi, depresi mental dan lain-lain.
    Pada rongga mulut, gejala keracunan air raksa akan me-
    nunjukkan gejala-gejala seperti perubahan warna gusi menjadi
    abu-abu yang menyebar, stomatitis, gigi geligi menjadi goyang,
    nekrosis tulang alveolaris, saliva menjadi kental, mulut terasa
    panas, rasa gatal dan rasa logam di lidah, ulserasi pada membran
    mukosa, palatum, faring, lidah bengkak, sakit dan mengalami
    ulserasi, kelenjar ludah dan limfe membengkak dan sakit.
    Perawatan keracunan akut adalah mengatasi anurla dan syok
    yang terjadi, inaktivasi dan pengeluaran air raksa dan saluran
    cerna dengan kuras lambung dan pemberian antidotum yang
    adekuat. Antidotum yang adekuat untuk keracunan air raksa
    adalah dimekaprol, EDTA dan penisilamin.

    lebih lengkapnya dapat dibaca di :

    http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/13PencemaranAirRaksadiLingkunganKerjaDokterGigi113.pdf/13PencemaranAirRaksadiLingkunganKerjaDokterGigi113.html

    Untuk penjelasan lengkap tentang Termometer Air Raksa dapat dilihat di Wikipedia Indonesia :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Termometer_air_raksa

    Jika teman-teman punya tambahan info lainnya tentang air raksa silahkan diinformasikan disini.

  31. Raffy October 12, 2009 at 9:27 pm #

    kelebihan N kekurangan aur raksa pa za yaw?
    tlg sebutin donk?coz Qlg da tgaz nE?heeeeee,

  32. Dannyar August 26, 2010 at 7:55 am #

    Air RAksa itu meangnya sangat susah dicari ya !!!
    dan harganya mahal
    Ada Zata berbahaya apa sich di Air Raksa tolong di jelasin ya !!

  33. Agus dedi August 31, 2010 at 4:06 pm #

    Sya msi mencri bagmna y cra untk menguatkan Air Raksa itu agar jika dgunakn untk mendulang logam Air Raksa dapat mlekat pda Loga, n stu lagi apa sih penyebab Air Raksa itu tdak mau lg mlekat pda Logam. Thx ??

  34. ANISA September 8, 2010 at 5:02 pm #

    Apa keuntungan air raksa dalam pengisian termometer sebagai alat ukur

  35. riin September 30, 2010 at 8:06 am #

    apa cc klbihan & kkurangan air raksa & alkohol ????

  36. orcelle October 21, 2010 at 11:06 pm #

    makasih yahh, wall nya ngebantu bgt

  37. dinda March 7, 2011 at 11:33 am #

    kekurangannya apa ya???

  38. dinda March 7, 2011 at 11:34 am #

    kekurangannya???

  39. manaloe September 17, 2011 at 9:19 pm #

    tolong donk jelasi mekanisme _a………….dan tolong butin gambar_ A donk……….

  40. agatha apriyana wahyu pratama putri February 24, 2012 at 12:39 pm #

    kelebihan dan kekurangan air raksa dan alkohol ? :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: