Belajar Sambil Bekerja, Mungkinkah?

13 Jul

BAGI siapa pun yang ingin belajar di Kanada, mau tidak mau diperlukan visa, izin belajar mahasiswa, atau keduanya. Seluruh program yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Kanada, memerlukan izin belajar bagi mahasiswa.

Dalam website www:studycanada.ca, disebutkan ada petunjuk selangkah demi selangkah untuk bisa memperoleh izin belajar.

Pertama, mengambil formulir izin belajar di Kedubes Kanada atau Pusat Pendidikan Kanada. Surat lamaran dan dokumentasi harus diserahkan ke kantor visa terdekat. Izin belajar juga bisa diperoleh di salah satu pelabuhan kedatangan (udara maupun laut), saat masuk Kanada. Namun, privilese ini hanya diperuntukkan bagi warganegara Amerika Serikat, atau mereka yang memiliki kerabat di Kanada dan mau menanggungnya.

Kedua, mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan dan menyerahkan seluruh dokumentasi yang diminta, berikut surat lamaran. Apabila dokumentasi tidak lengkap, tentu akan menunda proses perizinan. Dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain adalah tanda pengenal. Bukti ini bisa berupa fotokopi paspor atau dokumen perjalanan yang masih berlaku atau surat pernyataan yang menjamin bisa masuk ke negara yang mengeluarkan; disertai empat lembar foto terakhir ukuran paspor (5 cm x 6,35 cm) untuk tiap anggota keluarga yang akan berangkat, menuliskan nama lengkap dan tanggal lahir di belakang tiap foto. Petugas visa mungkin akan melihat paspor dokumen perjalanan yang asli, dan akan memberitahukannya jika menghendaki.

Dokumen lainnya, yaitu bukti memiliki uang cukup selama tinggal di Kanada untuk membayar sekolah, perjalanan pulang, dan 10.000 dollar Kanada per tahun untuk biaya hidup. Dokumen untuk kebutuhan ini dapat dibuktikan dengan rekening bank di Kanada dalam bentuk bank draft dalam mata uang yang dapat ditukar, atau bukti pembayaran uang sekolah dan tempat tinggal.

Dokumen ketiga, hasil pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan amat diperlukan bila yang bersangkutan akan tinggal di Kanada lebih dari enam bulan. Pemrosesan surat kesehatan akan menambah beberapa minggu waktu yang diperlukan untuk memperoleh izin belajar bagi mahasiswa. Dalam beberapa hal, memang diperlukan pemeriksaan kesehatan, meskipun kuliah atau kursus yang diambil kurang dari enam bulan. Dalam hal ini, petugas visa akan memastikan apakah pemohon visa perlu memeriksakan kesehatan, dan akan mengirim formulir kesehatan serta instruksi yang diperlukan.

Dokumen keempat, bukti penerimaan dari lembaga pendidikan yang diakui. Informasi nama, tanggal lahir, alamat surat menyurat mahasiswa; kuliah atau kursus di perguruan tinggi mana; perkiraan lama atau tanggal selesai kuliah atau kursus; tanggal kapan kuliah atau kursus dimulai; tanggal terakhir mahasiswa harus mendaftar untuk kuliah atau kursus itu; tahun ajaran saat mahasiswa mulai masuk; apakah kuliah atau kursus itu diselenggarakan penuh atau paruh waktu; uang kuliah, persyaratan yang berkait dengan penerimaan; identifikasi yang jelas dari lembaga pendidikan bersangkutan; informasi lisensi untuk lembaga swasta. Seluruh dokumen itu harus ditandatangani oleh pejabat berwenang.

Apabila seluruh dokumen sudah lengkap, maka langkah ketiga adalah membawa seluruh berkas ke kantor visa berikut biaya izin tinggal mahasiswa. Bila petugas visa merasa yakin, calon mahasiswa akan menerima dokumen yang harus ditunjukkan kepada petugas imigrasi saat tiba di Kanada, yang kemudian akan memberi izin belajar. Diingatkan bahwa izin tinggal mahasiswa selama kuliah atau kursus umumnya lama, maka paspor yang berlaku pun diharapkan memiliki jangka waktu yang sama.

KETIKA mengurus visa, ada sejumlah pertanyaan yang sering dikemukakan. Dalam hal wawancara, petugas akan menghubungi calon mahasiswa dan menentukan waktu serta tempat bertemu. Pertanyaan yang sering muncul seperti:

“Apa yang terjadi saat saya tiba di Kanada?”

Ketika tiba di Kanada, Anda harus memberitahu petugas imigrasi bahwa Anda adalah mahasiswa internasional yang ingin mengambil surat izin belajar mahasiswa Anda. Pada saat itu, Anda harus memperlihatkan surat yang dikeluarkan oleh kantor visa Kanada di negara asal, dan petugas imigrasi akan mengeluarkan surat izin belajar mahasiswa. Jadi, surat izin belajar mahasiswa bukan dikeluarkan oleh petugas Bea Cukai, tetapi petugas imigrasi.

Selama tinggal di Kanada, bolehkah saya bekerja?

Anda boleh bekerja di kampus di setiap lembaga yang dibiayai oleh dana umum, dan di mana Anda bersekolah. Jika Anda mahasiswa penuh waktu pada lembaga pascasarjana, Anda mungkin juga memerlukan surat izin bekerja untuk keadaan jika pekerjaan yang dituju merupakan bagian integral mata pelajaran yang diperlukan (ini tidak berlaku bagi mahasiswa akuntansi atau praktik kedokteran); jika maksud bekerja berhubungan dengan program pelatihan dan penelitian yang disetujui; atau jika telah berhasil menyelesaikan program perguruan tinggi di Kanada dan ingin bekerja untuk jangka waktu maksimum satu tahun dalam pekerjaan yang berhubungan dengan studi.

Memang, kesulitan biaya bisa saja terjadi. Pemerintah Kanada sendiri amat selektif dalam memberi bantuan kepada mahasiswa dalam bentuk beasiswa. Beberapa institusi Kanada bisa memberi beasiswa bagi mahasiswa asing, tetapi sang mahasiswa harus menunjukkan kehebatannya. Jumlah yang diberikan bervariasi, namun biasanya meliputi sebagian biaya untuk hidup dan kuliah.

Dalam kaitan bekerja untuk mengatasi masalah keuangan, hanya mahasiswa full time yang terdaftar dalam pengabulan gelar diploma, yang diizinkan untuk bekerja. Pekerjaannya pun hanya di kampus, di mana mereka terdaftar. Untuk keperluan ini, tidak diperlukan izin kerja, karena termasuk pekerjaan di kampus untuk gelar sarjana, mengajar, atau menjadi asisten peneliti.

Lantas, bagaimana cara memperpanjang izin belajar?

Perpanjangan izin belajar bisa dilakukan di Kanada. Untuk itu hubungi Pusat Imigrasi Kanada terdekat, paling tidak dua bulan sebelum izin belajar habis atau kedaluwarsa. Jangan lupa meminta surat lamaran untuk diposkan ke alamat Anda. Seluruh lamaran untuk izin belajar mahasiswa dari luar Kanada, harus dikirim dan diproses oleh Pusat Pemrosesan Kewarganegaraan dan Imigrasi Kanada.

Tidak kalah penting, semua siswa dan mahasiswa internasional di Kanada, wajib memiliki asuransi kesehatan. Cakupan kesehatannya, bervariasi, tergantung dari ketentuan yang berlaku di tiap provinsi. (ton)

sumber: kompas.co.id

One Response to “Belajar Sambil Bekerja, Mungkinkah?”

  1. july February 19, 2009 at 7:16 pm #

    saya maw tanya,gimana caranya buat surat tanda bekerja untuk dibawa ke kampus??
    maksudnya biar nilainya dibantu karena jarang menghadiri kuliah. mohon di kasi tau yach, ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: