Waspadai Pencuri Password Yahoo

31 Jan

Date:     Tue, 19 Sep 2006 02:31:54 -0700 (PDT)

Rabu, 30/08/2006 12:33 WIB

Waspadai Pencuri Password Yahoo
Wicaksono Hidayat – detikInet

–> Login Yahoo Palsu dan Asli

Jakarta, Pengguna Yahoo! Messenger perlu berhati-hati bila menerima pesan offline berisi alamat web. Bisa jadi itu trik untuk mencuri password Yahoo.

Pesan offline yang diterima tersebut bisa jadi menggunakan nama salah seorang rekan yang dikenal. Padahal sesungguhnya pesan itu dikirimkan oleh pihak lain.

Pesan yang patut dicurigai adalah pesan offline yang hanya menampilkan sebaris alamat web. Jika dikunjungi, alamat itu akan menampilkan halaman login ke layanan Yahoo. Pada kenyataannya, halaman login tersebut adalah sarana pihak tak bertanggungjawab untuk mencuri identitas dan kata sandi pengguna Yahoo.

“Informasi yang Anda masukkan tersebut akan digunakan untuk mengubah password Yahoo! Anda. Bila sudah terjadi, maka password Yahoo! Anda akan berubah. Satu-satunya jalan adalah melakukan Retrieve Password melalui Forgot Password, dengan catatan Anda masih mengingat parameter dari acoount Yahoo tersebut. Kalau tidak, nampaknya account Anda akan lepas dari kontrol Anda,” demikian tulis seorang pembaca detikINET, Rabu (30/08/2006) .

Agar lebih meyakinkan, halaman yang digunakan berada pada layanan Geocities dari Yahoo. Pengguna bisa jadi terkecoh karena ada tulisan hosted by Yahoo! di sisi kanan halaman.

Segel

Yahoo telah mengantisipasi aksi sejenis itu dengan memperkenalkan ‘Segel Yahoo’ (seal). Segel itu berupa pesan atau gambar personal yang akan muncul saat pengguna membuka halaman login Yahoo.

Segel bersifat umum pada komputer tertentu dan tampil pada halaman login semua layanan Yahoo. Pada halaman login yang palsu, segel tersebut tidak akan muncul.

Pengguna bisa memilih segel dengan mengunggah (upload) gambar tertentu ke Yahoo. Nantinya gambar itu, beserta warna khas pada latarnya, akan muncul di sudut kanan setiap kotak login Yahoo. Selain itu, segel juga bisa berupa kalimat yang ditentukan oleh pengguna. (wsh)

Keterangan Foto: Screenshot login Yahoo! palsu yang tidak menampilkan segel (atas). Screenshot login Yahoo! asli yang menampilkan segel (bawah).
(wsh/)

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/08/tgl/30/time/123330/idnews/665316/idkanal/325

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: