Software : CloneMaster, Pencari File Ganda yang Handal

30 Jan

CloneMaster membersihkan hard disk anda dari file-file ganda yang menghabiskan tempat. Program ini mencari file duplikasi yang sama persis (bahkan sampai ukuran byte-nya), file dengan nama yang sama, file dengan ukuran nol (kosong, tidak ada isinya). Tersedia juga pilihan Smart Delete, Rename, Save as. dan fungsi lainnya. CloneMaster mengidentifikasi file-file duplikasi berdasarkan nama, ukuran byte, data dan lainnya. Ada juga fasilitas keamanan dimana anda dapat membiarkan direktori Windows sehingga CloneMaster tidak akan memproses file dalam folder Windows. Anda dapat mendownload CloneMaster untuk mencobanya sebagai shareware pada alamat http://www.softbytelabs.com/Downloads/CloneMaster Setup.exe atau ftp://ftp.softbytelabs.com/CloneMaster Setup.exe. Program ini dapat diterapkan pada semua jenis file.

CloneMaster dapat mencari file dengan isi yang identik atau sama persis tanpa tergantung nama file, tanggal, waktu, ukuran ataupun lokasi.
Anda dapat memilih drive yang ingin discan, bahkan drive pada jaringan dan specify zero length, duplicate, and/or same name files.

Tampilan utama program ini seperti pada gambar 1.


Anda dapat memilih drive dan path yang akan dicari Clone Master. Bahkan memungkinkan anda untuk melakukan pencarian langsung pada banyak drive. Ada 3 cara untuk melakukan pencarian file. Pertama adalah menampilkan semua file duplikat. Maksudnya adalah menampilkan semua file dengan isi yang sama, tapi tidak selalu mempunyai nama yang sama. Tindakan yang dilakukan terserah kepada anda. Banyak file yang di download dari Internet memiliki data yang sama tapi dengan nama yang berbeda (misalnya gambar, gambarnya sama tapi namanya berbeda). Kedua adalah menampilkan semua file yang memiliki nama yang sama. Ini tidak berarti mereka memiliki data yang sama. Jika file tersebut memiliki data yang sama pula, maka akan diberi tanda pada daftar. Tidak seperti file duplikat, banyak file yang diambil dari Internet memiliki nama yang sama tapi tidak berisi informasi yang sama. Hal ini perlu anda ketahui karena bisa saja anda menghapusnya dengan anggapan file tersebut sama padahal tidak. Cara yang ketiga adalah menampilkan semua file yang memiliki byte nol. File-file ini tidak berisi data sama sekali. File-file ini hanya menempati ruang direktori dan tidak diperlukan. File-file ini hanya dapat dihapus jika tidak sedang digunakan.

Daftar file duplikat ditampilkan seperti gambar 2.


Jendela ini menampilkan kategori file duplikat berdasarkan ukuran, dimulai dari yang paling kecil. Anda dapat memberi tanda pada file yang ingin dihapus (icon api di sampingnya). Semua file yang dihapus dimasukkan dalam keranjang sampah (recycle bin) sehingga bisa dilakukan pembatalan. Dengan opsi Save List As… anda dapat menyimpan daftar file duplikat untuk keperluan yang akan datang yang anda butuhkan. Daftar tersebut dapat di-edit dengan Notepad atau pengolah kata yang dapat membaca file .TXT.

Dengan fasilitas Smart Delete seperti pada jendela gambar 3 anda dapat memberi tanda file untuk menghapusnya melalui dua cara. 1)


Anda dapat menyuruh Clone Master untuk tidak memberi tanda pada file pada folder yang tidak sedang dibuka (terbuka). Ini akan membuat penyaringan lebih mudah. 2) Menandai hanya file duplikat yang paling lama atau yang paling baru. Anda bisa menggunakan opsi untuk tidak memberi tanda file pada direktori Windows.

Gambar 4 menampilkan jendela Clone Master – Same Name Files yang menampilkan semua file yang memiliki nama yang sama.


Jika file tersebut file duplikat, maka akan muncul icon (kertas dobel) di sampingnya. Anda kemudian dapat melihat pada bawah jendela Duplicate Files untuk melihat jika masih ada duplikat file lainnya dengan nama berbeda. Sebaiknya jangan menghapus file dari daftar ini. Hal ini bisa berbahaya karena data yang ditampilkan di sini bukan data yang sama. Ini hanya untuk proteksi saja, tapi anda dapat mengganti nama file mana pun sehingga anda tidak bingung menduga file tersebut sama.
Terakhir adalah jendela Zero Length Files (gambar 5).


Jendela ini menampilkan daftar file yang sama sekali tidak berisi data. Anda dapat menghapus semuanya atau memilih yang ingin anda hapus saja. Jika ada file yang tidak dapat dihapus Clone Master akan memberitahukan anda. Hal ini dikarenakan file tersebut masih atau sedang digunakan sebuah program yang belum memasukkan data ke dalam file tersebut. Hanya file yang tidak sedang digunakan yang dapat dihapus. Lagipula anda tidak akan kehilangan apapun karena file tersebut kosong (0 byte).

Dimuat pada :

Tabloid PCplus Edisi 156/IV/2003 rubrik plusDownload

4 Responses to “Software : CloneMaster, Pencari File Ganda yang Handal”

  1. agung January 27, 2008 at 2:27 am #

    tlong dong carikan twool yg bs mencari file fiel ku hilang nih kena virus toloooong ya

  2. AGUNG February 4, 2008 at 2:51 am #

    LUMAYAN

  3. Udin December 16, 2008 at 8:45 pm #

    Sip….

  4. noerd June 20, 2010 at 4:36 pm #

    thanks ya si gopeku jadi ringan dan kosong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: