Ikutan Milis tanpa Membuat Email Penuh

21 Nov

Banyak orang yang rajin mengikuti mailing list (milis). Tapi begitu mereka bergabung dengan milis yang ramai, inbox email mereka pun jadi penuh. Dalam sehari, bisa ratusan email yang masuk. Jika si netter mengelola email dengan pop client semacam Outlook, The Bat, ThunderBird, dan sebagainya, tentu ini tidak masalah. Sebab semua pesan email akan masuk ke komputer mereka, sehingga mengelolanya lebih cepat dan mudah. Tapi bagaimana dengan sebagian besar netter yang masih mengakses email lewat webmail seperti Yahoo! Mail?

(Tentang perbedaan dalam pengelolaan email – webmail atau pop client – silahkan baca artikelnya di sini).

Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Setiap layanan milis biasanya menyediakan opsi/pilihan. Jadi, Anda bisa mengatur sendiri, apakah ingin:

– menerima setiap pesan yang masuk secara individu,

– menerima email dalam bentuk digest, yakni satu email rangkuman perhari,

– tidak menerima email, tapi Anda bisa mengecek milis lewat halaman webnya,

– (bahkan) keluar dari keanggotaan milis, bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan moderatornya.

(Panduan teknis selengkapnya bisa Anda baca di sini)

* * *

Bagi Anda pengguna milis Yahoo! Groups dan punya email di Yahoo! Mail, kini Anda punya pilihan yang lebih menyenangkan. Baru-baru ini, Yahoo! Groups memperbaiki sistem tampilan pesan dan searcing (pencarian data) mereka, sehingga mengelola pesan-pesan yang masuk ke milis bisa lebih menyenangkan. Bahkan, Anda tak perlu mengecek email sama sekali. Anda bisa memilih opsi No Mail, lalu mengecek semua pesan milis lewat web Yahoo! Groups.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

TAHAP PERTAMA:
Pilih opsi No Mail. Caranya sudah disebutkan di atas.

TAHAP KEDUA:
Pastikan bahwa alamat email Anda di Yahoo! Mail sudah terintegrasi dengan milis Yahoo! Groups. Jika selama ini Anda sudah biasa mengelola milis lewat web Yahoo! Groups, tentu langkah kedua ini tak perlu anda lakukan lagi. Skip saja.

Untuk mengintegrasikan kedua account tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya. (*)

1. Akseslah halaman web dari milis tersebut. Tak perlu khawatir jika Anda tidak tahu apa alamatnya, sebab ini sudah ada rumusnya, yaitu: http://groups. yahoo.com/ group/nama_ group. Gantilah “nama_group” dengan nama milis yang Anda ikuti. Misalnya nama milis Anda adalah penulislepas, maka alamat webnya adalah http://groups. yahoo.com/ group/penulislep as. Jika Anda tidak tahu apa nama milisnya, coba cek alamat email dari milis tersebut. Jika alamatnya adalah nonfiksi@yahoogroup s.com, maka nama milisnya adalah nonfiksi. Jadi, alamat webnya adalah http://groups. yahoo.com/ group/nonfiksi. Gampang, bukan?

2. Anda akan masuk ke halaman “You must first select a Yahoo! Profile”. Kliklah tombol “Continue”.

3. Berhasil. Anda akan masuk ke halaman yang berisi tulisan “Congratulations, your ‘[…]’ profile is selected!”. Tanda […] akan berisi nama profil Anda di Yahoo!.

4. Klik “Continue”. Maka mulai saat ini, email anda di Yahoo! Mail sudah terintegrasi dengan account Anda di Yahoo! Groups.

* * *

TAHAP KETIGA:
Setelah mengklik “continue” pada langkah keempat di atas, sebenarnya Anda akan otomatis masuk ke halaman web milis Anda. Jika tidak, silahkan akses dengan mengetik alamat situs seperti yang tercantum pada langkah 1 di atas. Di bagian tengah, kolom kanan, Anda akan menemukan tulisan “Most Recent Messages”. Kliklah menu “(Group by Topic)” agar pesan-pesan pada milis tersebut dikelompokkan berdasarkan topiknya.

Sekarang, kliklah menu Messages yang terdapat pada kolom kiri, bagian atas. Anda akan melihat daftar pesan yang telah masuk ke milis tersebut. Semua pesan dikelompokkan berdasarkan topiknya. Ini akan sangat memudahkan anda dalam membaca pesan-pesan email di milis tersebut. Tampilan pesan-pesan ini bahkan lebih baik dari tampilan pesan email yang Anda baca lewat Yahoo! Mail.

Jadi, dengan cara ini, Anda tak perlu lagi khawatir bila inbox email Anda penuh, walau Anda mengikuti milis yang paling ramai sekalipun. Pilih saja opsi No Mail, lalu baca pesan-pesan milis Anda lewat web Yahoo! Groups.

Selamat mencoba!

(Jonru)

(*) Keterangan:
Pada Yahoo! Groups, kita bisa memasukkan maksimal 5 alamat email tambahan pada satu account yang sama. Syaratnya: kelimanya haruslah email non-Yahoo!. Pada langkah di atas: Jika Anda hendak mensinkronkan email non-Yahoo! dengan milis tertentu di Yahoo! Groups, ada perbedaan pada langkah-langkahnya. Semoga hal ini bisa kita bahas pada tulisan berikutnya.

Sumber: CBN

One Response to “Ikutan Milis tanpa Membuat Email Penuh”

  1. kiki July 27, 2007 at 9:17 am #

    thanks with this i easily manage my email.

    bravo!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: