Mencegah Pengaruh Negatif Internet Terhadap Perkembangan Seksualitas Anak

11 Feb

Oleh: Aji Baroto

Sumber:

http://bbawor.blogspot.com/2008/02/mencegah-pengaruh-negatif-internet.html

Apa itu Internet? Internet ialah jaringan global antar komputer untuk
berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia
(seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank,
perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio)

Manfaat – Umum
Mencari informasi: sekolah, pelajaran, bisnis, pekerjaan; chatting;
reservasi: tiket, hotel; menjual barang atau jasa; shopping; membayar
tagihan: telpon, asuransi, kartu kredit; e-mail; diskusi secara oline
atau konferensi.

Manfaat dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses
pelbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa
terutama dengan mereka yang berjuauhan tempat tinggalnya.

Pengaruh Negatif
Aneka macam materi yang berpengaruh negatif pun bertebaran di
internet. Misalnya: pornografi, kebencian, rasisme, kejahatan,
kekerasan, dan sejenisnya. Berita yang bersifat pelecehan seperti
pedafolia, dan pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun.
Barang-barang seperti viagra, alkhol, narkoba banyak ditawarkan
melalui internet. Bahkan, melalui internet orang juga melakukan
penipuan dan pencurian.

Pencegahan Pengaruh Negatif
Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati
umum (sebaiknya tidak di kamar tidur anak)
Batasi waktu pemakaian komputer untuk anak Anda
Orang tua harus terlibat dan menyediakan waktu dengan anak-anak pada
saat mereka sedang online
Pelajari sebanyak mungkin tentang komunitas online, mungkin saja
anak-anak ini lebih mengetahuinya dibandingkan anda sendiri
Cari tahu mengenai dan implementasikan software-software pemblokiran
dan penyaringan situs-situs tertentu.
Jika Anda menggunakan komputer bersama-sama dengan anak-anak Anda, dan
Anda sengaja ataupun tidak sengaja telah mengunjungi suatu website
yang sebaiknya tidak dikunjungi anak Anda, sebaiknya Anda menghapus
alamatnya dengan cara menghapus history-nya, dengan langkah-langkah
seperti di bawah ini:
1. Klik Tools
2. Pilih dan klik Internet Options
3. Klik tombol Clear History pada jendela Internet Options.

Situs yang Sebaiknya Dikunjungi
Internet Kids Discussions dengan alamat situsnya http://www.KIDLINK.org
KIDLINK merupakan situs internasional untuk membentuk dialog di antara
anak-anak muda yang berusia sekitar 10 sampai dengan 15 tahun. Situs
ini menyediakan tujuh bahasa yang berbeda , sepert bahasa Inggris,
Spanyol dan Jepang. Pengunjung-pengunjung situs ini dapat mengirim
e-mail kepada anak-anak di seluruh dunia atau bekerja sama pada
projek-projek tertentu.
Thinkquest (www.thinkquest.org) Situs Thinkquest merupakan situs
kompetisi internet terbesar di dunia bagi siswa berumur 12 s.d. 19
tahun
Kids Web (www.npac.syr.edu/textbook/kidsweb) Kids web merupakkan situs
perpustakaan digital bagi siswa Situs ini berisi link-link berdasarkan
subjek ke situs- situs yang menarik.
Situs Internet Guidelines

Safe Kids (www.safekids.com)
Net Parents (www.netparents.org)
FBI Safety Tips for Kids on the Internet
(www.fbi.gov/kids/k5th/safety2.htm)
CyberTipline from the National Center for Missing & Exploited Children
(www.missingkids.com) Situs ini melaporkan tentang eksploitasi seksual
terhadap anak-anak
ICT Watch (www.ictwatch.com) Situs di Indonesia yang peduli akan
dampak penggunaan ICT

Software Penyaringan Situs tertentu
Net Nanny (www.commission-junction.com)
Surf Watch (www.surfcontrol.com)
Cyber Patrol (www.cyberpatrol.com)
CyberSitter (www.solidoak.com)
Safe Surf (www.safesurf.com)
Parental Control System (www.jejakkaki.com)
Parental Control (www.familysafemedia.com/parental_control.html)

TVGuardian “The Profanity Filter” – secara otomatis mendeteksi dan
menyaring ungkapan atau kata-kata kotor dan kata-kata kasar lainnya
sementara kita menonton pertunjukan film atau televisi
Weemote – merupakan remote control TV yang dirancang untuk anak-anak.
Selain penggunaannya mudah bagi anak-anak, Remote ini juga memiliki
karakteristik ‘parental control’ untuk memilih hanya channel-channel
yang Anda ingin anak-anak anda lihat.
PC TimeCop merupakan perangkat lunak manajemen waktu pemakaian
komputer dengan menggunakan WatchDog Activity Monitor, digunakan untuk
membatasi pemakaian komputer.
Phone LineLok – Telephone Time Management Phone LineLok mengontrol
pemakaian telepon dan internet

Referensi:
1. http://www.ictwatch.com
2. http://www.safekids.com
3. http://www.netparents.org
4. http://www.fbi.gov/kids/internet/ internet.htm
5. http://www.missingkids.com/cybertip/index.htm
6. http://www.jejakkaki.com
7. http://www.ummigroup.co.id/annida

Sumber : Computer Departement of Santa Laurensia

About these ads

32 Responses to “Mencegah Pengaruh Negatif Internet Terhadap Perkembangan Seksualitas Anak”

  1. MahaRani March 10, 2008 at 3:38 am #

    internet itu penting banget buat cr2 informasi ,,,,,,,,udah cepet informasinya buanyaaaaaaaaaaaak lageeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!

  2. Abu Arif Harun March 10, 2008 at 6:25 am #

    Pemerintah dan masyarakat seharusnya mengontrol situs-situs internet yang menyajikan informasi yang kurang mendidik bagi masyarakat. situs porno dan kekerasan yang dapat merusak mental dan keprinadian anak-anak/remaja kita. Sudah saatnya pemerintah mendirikan Lembaga Sensor Internet (LSI) yang berbau tidak mendidik.
    Membatasi kehadiran ienternet keluarga sekarang ini memang mustahil, namun yang bisa dilakukan adalah bagiaman mengeliminir kehadidiran internet porno dan kekerasan. keluarga juga harus cerdas mendidik buah hatinya agar tidak terlena dengan dampak negatif dari kehadiran internet. semoga berhasil

  3. Agus Sambrach May 4, 2008 at 6:20 am #

    yang paling penting lagi adalah bagaimana seharusnya anak2/remaja memilki keinginan atau dapat membedakan atau menentukan secara pribadi mana yang seharusnya dilihat, karena teknologi adalah sesuatu yang berkembang secara dinamis, selalu mutakhir dari waktu ke waktu dan jadi sesuatu yang pasti ada dan berkembang. sistem pengawasan pun tidak dapat secara merata den menyeluruh dapat mendeteksi semua situs berbau porno/kekerasan, hanya sebagian, sangat kecil. karenanya proses transformasi penanaman nilai2/norma yang benar dan dilakukan sejak dini mulai dari lingkungan keluarga, pendidikan, bermain,dll menjadi sangat penting dan menentukan yang pada gilirannya akan membentuk kemapanan sikap dalam menilai dan menanggapi sesuatu secara benar. dan secara otomatis menjadi benteng yang melekat pada diri pribadi masing2

  4. youn May 7, 2008 at 9:59 am #

    nternet itu penting banget buat.yang paling penting lagi adalah bagaimana seharusnya anak2/remaja memilki keinginan atau dapat membedakan atau menentukan secara pribadi mana yang seharusnya dilihat

  5. ayu May 15, 2008 at 2:41 pm #

    semuanya tergantung pribadi masing-masing orang yang mau mengakses internet. kalau g’ punya kontrol diri yang bagus, maka dengan mudah seseorang terjerumus pd hal-hal g’ baik tersebut. pihak keluarga berperan penting dlm menumbuhkan nilai2 agamis dlm pribadi anak.

  6. wulan June 18, 2008 at 12:42 pm #

    internet itu ada yang positf dan ada juga yang negative
    positifnya : internet bisa cari informasi dari mana pun baik dalam negri maupun luar negri.
    negatifnya : internet bisa di pake bwt ngebuka situs2 porno.

  7. pinkparis June 20, 2008 at 10:36 pm #

    komsumsi pornografi dan kekerasan pada anak sudah dimulai sejak jaman dahulu. agar perkembangan seksualitas anak bisa berjalan dengan baik, sebaiknya kita memberikan pendidikan seks mulai dari dini, mendingan kita yang ngajarin kan daripada anak-anak kita mencarinya sendiri dan mereka akhirnya malah tertambat di situs porno?

  8. sony August 6, 2008 at 3:14 pm #

    apakah sudah ada program atau software yang mencegah gambar porno grafi tolong beritahu nama nya. sekian.

  9. evaN'z September 27, 2008 at 10:49 am #

    apakah anda bisa memberi penjelsan dampak negtif internet ke email saya?????

  10. Randyrandy228 November 6, 2008 at 8:40 am #

    Bimbinglh anak2 anda. .agar mengGunakan internet,,yg brguna,sPerti mNcARi pngetahuan yg brguna,bkn yg negative

  11. mahfuddin December 3, 2008 at 10:15 pm #

    buat bocah mah kaga terlalu baik….
    tarbuka situs yan enggak2 lagi

  12. fitra December 21, 2008 at 1:21 pm #

    as prek aja mas

  13. kholidah December 27, 2008 at 2:29 pm #

    apa gak ada dampak negatif lain selain pornografi????? tolong di jawab ya mas..

  14. zumroh December 27, 2008 at 2:31 pm #

    internet 2 baek loch mas…. banyak manfaatnya lagi……. ya gak…. ya kan…. ya donk……

  15. Admin December 30, 2008 at 10:58 am #

    selain pornografi, dampak negatif lain dari internet adalah cybercrime,membuat orang menjadi malas
    lebih jelas bisa dilihat di situs harian Suara Merdeka berikut ini :

    http://www.suaramerdeka.com/harian/0611/29/ked14.htm

  16. chinta February 4, 2009 at 2:43 pm #

    selain pengaruh pornografi internet juga dapat membuat orang malas…..jadi walaupun internet kaya gitu jadi kita haruss tetap giat jangan MALAS….DONK…..

  17. chinta February 4, 2009 at 2:44 pm #

    WO DE AI INTERNET

  18. naomy March 6, 2009 at 7:49 pm #

    iya sich,internet pny dampak negatifnya juga,,,,
    tapi kan banyak juga manfaatnya,,,,
    kalo qta males nyari di bahan karya tulis di perpus, kan bisa pake internet,,,
    iya kan????!!!!

  19. Ramesh April 11, 2009 at 7:16 am #

    Terima kasih pak Aji Broto, anda telah menyampaikan info yang sangat berguna untuk
    mengurangi pengaruh negative Internet terhadap anak2 kami.

  20. eddy... April 13, 2009 at 1:44 pm #

    menurut saya,,,,,,,,internet itu sgt membantu kita,,utk mencari tugas,,,,mencari info ttg perkembang dunia teknologi dll…
    jadi,,,,,,,semuanya itu tergantung kt yang memakainya,,,,,,,,,,
    klw dpke sgb suatu yang bisa bermanfaat bagi diri kita,,,,,maka lakukanlah yg terbaik bagi dirimu,,,,,,,,,krn semuanya itu baik……….
    tapi kadang manusia menyala gunakan kebaikan itu,,,,,,,,ok thank’sssssssssss
    berpeganlah yang baik didalam hidupmu karena semuanya kamu lakukan demi masa depan mu sendiri,,,,,,,,,,kiranya Tuhan Memberkati Kita Semua………..chaoooooooo…..

  21. Eddy C October 29, 2009 at 7:02 pm #

    menurut saya sebaik nya ambil yang positif nya bukan yang negatif nya………………….itu aja gitu aja kok repot

  22. Hendra Gunawan November 24, 2009 at 10:08 am #

    apo gawe

  23. thamy February 19, 2010 at 4:47 pm #

    lw menurut aq y…..
    y tergantung kepribadian masing” aja….
    lw munk niat baeg…..
    gag kan ada hal yg negatif…

    • Admin February 23, 2010 at 8:38 am #

      betul.penggunaan internet kembali kpd kesadaran individu masing2.tp kalo anak menggunakan internet ada baiknya kita sbg ortu memberikan masukan arahan dan pengetahuan ttg baik buruknya internet

  24. amanka perfects May 18, 2010 at 8:43 pm #

    menurutq klo masalah dampak negatif dari internet itu biasa setiap sesuatu di dunia kan pasti ada dampak negatif dan positifnya namun jika kita ini dalam melakukan sesuatu selalu melihat dari sigi negatifnya maka kita tidak akan melakukan apa2 jadi dapat di simpulkan dari sini kita ngak usah meningalkan/menghindar dari hal-hal yang mempunyai dampak negatif akan tetapi bagaimana kita ini menyikapinya agar tidak terjerumus dalam sesuatu yang negatif itu?????? jadi kita ngak boleh menyalakan perkembangan jaman yang moderen ini tapi kita harus pinter2 menyikapi dalm hal-hal yang seperti itu!!!!!

  25. asy May 31, 2010 at 10:01 am #

    positive thinking aj. . tp gmana cra menyikapi dngn baik.

  26. Susuw August 7, 2010 at 7:47 am #

    yasysaysasayyssasay wunenak bangetz

  27. nami October 6, 2010 at 7:23 pm #

    memang internet itu baik

  28. mbah Liem October 21, 2010 at 8:27 am #

    Menurut hemat saya, internet tidak ada pengaruh negatif bagi perkembangan seksualitas remaja, karena sejak di bangku sekolah sudah dikenalkan tentang seksualitas, dari aspek mana kita melihat ….. ?

  29. sujito October 28, 2010 at 3:33 pm #

    positif serta negatif pasti berpengaruh pada setiap individu

  30. Muhammad syauqi October 31, 2010 at 7:33 pm #

    Terima kasih pak aji baroto, atas makalahnya, aku disuruh buat makalah oleh guru. Thaks

  31. informasi teknologi February 5, 2011 at 4:32 am #

    informasi yang menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: