Makna Kata Ulang Dalam Bahasa Indonesia – Arti Pengertian Perulangan Kata

31 Jul

Sun, 24/06/2007 – 7:36pm

Kata ulang sangat banyak digunakan dalam percakapan kita sehari-hari dalam bahasa Indonesia. Lihat saja kata sehari-hari pada kalimat di atas adalah termasuk kata ulang. Di bawah ini merupakan arti dari kata ulang yang ada di Indonesia, yaitu antara lain :

1. Kata ulang yang menyatakan banyak tidak menentu

Contoh :
– Di tempat kakek banyak pepohonan yang rimbun dan lebat sekali.
– Pulau-pulau yang ada di dekat perbatasan dengan negara lain perlu diperhatikan oleh pemerintah.

2. Kata ulang yang menyatakan sangat

Contoh :
– Jambu merah pak raden besar-besar dan memiliki kenikmatan yang tinggi.
– Anak kelas 3 ipa 1 orangnya malas-malas dan sangat tidak koperatif.

3. Kata ulang yang menyatakan paling

Contoh :
– Setinggi-tingginya Joni naik pohon, pasti dia akan turun juga.
– Mastur dan Bornok mencari kecu sebanyak-banyaknya untuk makanan ikan cupang kesayangannya.

4. Kata ulang yang menyatakan mirip / menyerupai / tiruan

Contoh :
– Adik membuat kapal-kapalan dari kertas yang dibuang Pak Jamil tadi pagi.
– Si Ucup main rumah-rumahan sama si Wati seharian di halaman rumah.

5. Kata ulang yang menyatakan saling atau berbalasan

Contoh :
– Ketika mereka berpacaran selalu saja cubit-cubitan sambil tertawa.
– Saat lebaran biasanya keluarga di rt.4 kunjung-kunjungan satu sama lain.

6. Kata ulang yang menyatakan bertambah atau makin

Contoh :
– Biarkan dia main hujan! lama-lama dia akan kedinginan juga.
– Ayah meluap-luap emosinya ketika tahu dirinya masuk perangkap penipu kartu kredit.

7. Kata ulang yang menyatakan waktu atau masa

Contoh :
– Orang katro dan ndeso itu datang ke rumahku malam-malam.
– Datang-datang dia langsung tidur di kamar karena kecapekan.

8. Kata ulang yang menyatakan berusaha atau penyebab

Contoh :
– Setelah kejadian itu dia menguat-nguatkan diri mencoba untuk tabah.

9. Kata ulang yang menyatakan terus-menerus

Contoh :
– Anjing buduk dan rabies itu suka mengejar-ngejar anak kecil yang lewat di dekat kandangnya yang bau.
– Mirnawati selalu bertanya-tanya pada dirinya apakah kesalahannya pada Bram dapat termaafkan.

10. Kata ulang yang menyatakan agak (melemahkan arti)

Contoh :
– Karena berjalan sangat jauh kaki si Adul sakit-sakit semua.
– Jangan tergesa-gesa begitu dong! Nanti jatuh.

11. Kata ulang yang menyatakan beberapa

Contoh :
– Sudah bertahun-tahun nenek tua itu tidak bertemu dengan anak perempuannya yang pergi ke Hong Kong.
– Mas parto berminggu-minggu tidak apel ke rumahku. Ada apa ya?

12. Kata ulang yang menyatakan sifat atau agak

Contoh :
– Lagak si bencong itu kebarat-baratan kayak dakocan.
– Wajahnya terlihat kemerah-merahan ketika pujaan hatinya menyapa dirinya.

13. Kata ulang yang menyatakan himpunan pada kata bilangan

Contoh :
– Coba kamu masukkan gundu bopak itu seratus-seratus ke dalam tiap plastik!
– Jangan beli beyblade banyak-banyak nak! Nanti uang sakumu habis.

14. Kata ulang yang menyatakan bersengang-senang atau santai

Contoh :
– Dari tadi padi si Bambang kerjanya cuma tidur-tiduran di sofa.
– Ular naga panjangnya bukan kepalang berjalan-jalan selalu riang kemari.

sumber : http://organisasi.org

About these ads

56 Responses to “Makna Kata Ulang Dalam Bahasa Indonesia – Arti Pengertian Perulangan Kata”

  1. Free SoulZ December 4, 2007 at 6:51 am #

    Thx yapH,, informasi ini bisa banTu Ulum gwe besOk..

  2. murid SMP Gamaliel December 11, 2007 at 3:32 am #

    makacih yachh..
    informasinya sgt bantuin qt2 buat pljrn d sklh..!!
    tq.

  3. yenny December 13, 2007 at 1:35 am #

    thanks yach..
    atas cemuanya..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  4. Yenny Dan Vera December 13, 2007 at 1:45 am #

    terima kasih yach
    Berkat itu sy bs mengerjakan tugas q

    GBU
    JCLU

  5. uni February 5, 2008 at 2:56 am #

    bwt tgz dri paK SyaRif nehhhhhhhhh
    ma`aceh yaw,,,
    tar buka2 lageh yahh,,,
    dahhhhhhhhhh

  6. deDe MIcH_micH February 8, 2008 at 4:35 am #

    terimakasih atas ilmu yang diberikan, saya sangat senang mendapat ilmu dari saudara!!!mudah-mudahan ilmu terus dapat saya amalkan,,,amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin!
    dedehhhhh,,,
    u…
    bye.
    muach!

  7. Gita March 6, 2008 at 9:18 am #

    Wah,ni bnr2 brgna bgt.ada ttg plajrn laen ga?

  8. putri March 19, 2008 at 2:34 am #

    bagaimana cara mempelajari dengan cepat kata bahasa indonesia

  9. amai March 31, 2008 at 3:42 am #

    halowww,numben bgd skrg gw alimmm,jd mbuka situs ni,lam bwt smwwaa,,,,,

  10. chie-chie March 31, 2008 at 6:27 am #

    hi….hi……
    bs tolng aku gk???cari’n makna kata donkK bwt makalh ku nIe!!!!
    low pnya ksh ini yaCH…..tmb_chie@yahoo.co.id

  11. izal..euy August 3, 2008 at 9:23 pm #

    wiiiiiih….mksh bgd ni info nya..akhrnya tgs q slse jg.. mksh bgd ni ya info nya.. q jd kbntu bgd… ;-) thank’s

  12. Sender August 12, 2008 at 3:11 pm #

    Thanks info na’ Yaaa!!!
    prsntasi kuw slse jg he he he

  13. .... August 18, 2008 at 8:01 am #

    kok ga ada kata ulang majemuk gitu’an??

  14. EDEWS October 22, 2008 at 1:03 pm #

    thax bwt karyax…..
    ngebntu bgt bwt blajar d skull….

  15. deasy October 25, 2008 at 9:46 am #

    thx yupz,
    tugas w jd kelar nie..

    makasiiiiih

  16. iedjhal November 2, 2008 at 12:44 am #

    thanks yc ats ban2annya, , ,
    kahirnya nilai aq ‘gak jd error, , ,
    he, , he, , he, ,

    s’x lgi thanks, , ,

  17. cha November 3, 2008 at 10:11 pm #

    tengs a lot !
    ud bantuu ngebantu akuwhh~
    hehehe .
    ^^

  18. lia November 11, 2008 at 10:19 am #

    ThXz atZ karya nA……
    akHrna tUgaz Q bZ kelAr
    SemanGAt N tErsenYum

  19. Sopar Maruli November 27, 2008 at 12:24 pm #

    Maasih buanyak mas, izinkan saya ambil atikelnya ya mas. Dan kalo boleh saya postingkan di blog saya.

    Sekali lagi terima kasih, sukses selalu buat mas dan keluarga.

    smskalit

  20. hanafi December 4, 2008 at 2:27 pm #

    terima kasih dengan adanya internet ini saya dapat mengetahui semuaaaaaaaaaxxxxxxx

  21. nuning January 14, 2009 at 3:28 pm #

    thankZ yPz atZ baNtuaN’y , akhir’y g jd d marahin ma teacher q krN dh Ngerjain tgaZ’y dgN bNar , x g’thaNkZ bUuaNgetttttttttttttttttttttttttt,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ^_^

  22. NuNiNk ZuteXx January 14, 2009 at 3:38 pm #

    tHaNkZ yPz atZ karya’y yg Udh mMbNtu akU Ngrjain tUgaZz jd g bNguNg2 g’ . x g’tHaNkz sKsS sLL , byE !!!!!!!!!!!!!

  23. mia April 4, 2009 at 12:44 pm #

    Thanx a Lot yuagh,

    Ada tgas dari dosen mku, Lgsg bsa dsLesaikn,
    Alhamdulillah.,

    Slanjut^a dtggu tntg pmbhsan yg Lain^a ya,
    Spt ejaan,bentukn kata, kalimat,paragraf,karya ilmiah

  24. agusuki May 9, 2009 at 10:35 am #

    kalau kata ulang seperti:
    dibolak-balik, benar-benar, tilik-menilik, segan-menyegani, kira-kira, dipermain-mainkannya, dsb. termasuk kata ulang apa dan menyatakan apa?? terima kasih. kirim ja jawabnnya ke email saya di m45suki@yahoo.com. trim ya

  25. /swT August 10, 2009 at 3:15 pm #

    terima cucian..

    eh terima kash mksd-a.. >o

  26. jack(cha_one) August 12, 2009 at 2:49 pm #

    mksh y,, dh bntuin qt nyari mcam” kt ulang

  27. irfan August 24, 2009 at 1:09 pm #

    trims ya, info ini bisa ngebantu gwe dalam ngerjain tugas>

  28. Lupi September 4, 2009 at 7:52 am #

    Makaciih ya… Artikelny sangat bermanfaat,

  29. anak smpk gamaliel September 29, 2009 at 11:07 am #

    makcih bntuannya mkasih !!!!!!!!

  30. mOniQ October 31, 2009 at 11:22 am #

    Thankzzz yaP

    Ini yG gw cari slama ini,,,, lengkap bangettttthhhhh

  31. Adit Spensixabaya November 15, 2009 at 7:01 pm #

    wah, besok ane ada UTS. makasih buat tipsnya yah, jadi bisa belajar nih

  32. nunuck November 20, 2009 at 12:01 pm #

    ThNK bgt… coz tgas q bs lezae

  33. Chi Imoet January 19, 2010 at 7:40 am #

    hoohohoh macam tu

  34. Yuni nasution March 3, 2010 at 5:40 pm #

    Mksh yc. . . Dh bntuin aQ slsaikn tgs dr Bu nEni , aQ bs lega krna tgs’x dh slsai .. Ntr tgl main jh d’g0r ..
    Hehehe…

    • Admin March 9, 2010 at 10:34 am #

      you’re welcome :)

  35. heri April 6, 2010 at 11:40 am #

    mugo2 muridku dho mudheng.

  36. Bona Anto Pengen brubah May 10, 2010 at 7:00 pm #

    trim’s atas ilmu nya
    q jd pintar degh

  37. Nadya May 15, 2010 at 9:02 pm #

    Makasih untuk tambahan ilmunya yach…:)

    Kalo boleh sekalian numpang tanya nih, kalo kata-kata seperti kupu-kupu, lumba-lumba atau kura-kura itu juga termasuk kata ulang bukan sih?
    Kalo iya, kata ulang yang menyatakan apa yach?

    Kalau ada yang bisa bantu boleh tolong email saya di karamoys_8182@yahoo.co.id

    Makasih…

  38. upik July 4, 2010 at 6:54 pm #

    bth makna kata nie,

  39. vio August 15, 2010 at 11:01 am #

    thank’s you all the best
    GBU ^_^

  40. vio August 15, 2010 at 11:05 am #

    I thank you now know to be more
    :|] :) :D :P o.O :O

  41. violeta sandra devi August 15, 2010 at 11:07 am #

    Thank You ;-)

  42. januar October 4, 2010 at 8:09 pm #

    wow really good,thanks a lot yey

  43. yasti November 10, 2010 at 8:35 pm #

    kalau jenis dan makna dr kata ulang apha? ? ?
    ^_______________^

  44. boy satria December 12, 2010 at 9:23 pm #

    pak .. kalau makna kata ulang reflektif, frekuentatif, resiprok dan superlatif apa ya pak ?? mohon bantuangnnya …

  45. faishal January 14, 2011 at 6:59 pm #

    makasih buat info nya membantu banget

  46. ruth margaretha mobirarimian March 2, 2011 at 5:40 pm #

    thx yah Gra2 ne gW bSa dPt inf0rma$i yG lBih
    sKali lGe thx yaW………………………………

  47. ruth margaretha mobirarimian March 2, 2011 at 5:42 pm #

    ok……………..
    thx buanggetz yaw??????????????:->

  48. Ari kabogoh Persib June 12, 2011 at 2:17 pm #

    makasih ea atas materinyaa
    skarang akk mengerti dan paham Kata ulang :-P :-D :*

  49. Ari kabogoh Persib June 12, 2011 at 2:20 pm #

    Thx ea gara” materi ini Gw JaD! pahaM dan Berwawasan leb!h
    wessssssst lebaay hahahahaha

    ;-D :-D :-D :-D :-D :-D :-P :-P :-P :-P :-P :-P

    • Luqman Mantap October 9, 2011 at 7:48 pm #

      Ty for ilmunya sepp dahh…

      gan. [dialog2.gif ]

  50. nadilla January 17, 2012 at 9:19 pm #

    huuhh akhir nya dpt nyelesay’in tugas,,
    thankzz atas info nya ;)

  51. ayat February 13, 2012 at 5:51 pm #

    pacar-pacaran masuk kata ulang apa?/

  52. ayub muda July 18, 2012 at 12:24 pm #

    makasi ya… motifasinya.-_-#

Trackbacks/Pingbacks

  1. Makna Kata Ulang Dalam Bahasa Indonesia - Arti Pengertian Perulangan Kata « Permanas always love peace - February 16, 2008

    [...] Makna Kata Ulang Dalam Bahasa Indonesia – Arti Pengertian Perulangan Kata Posted by Admin in Misc. add a comment [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: